Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita tentang persamaan garis lurus pada siswa kelas viii SMP menggunakaan metode newman / Syindy Hanif Sulistyowati

Main Author: Sulistyowati, Syindy Hanif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17158/
Daftar Isi:
  • KataKuncianalisiskesalahanNewmansoalceritapersamaangarislurus.PersamaangarislurusmerupakansalahsatumateriyangdianggapsulitdiSMPNegeri2Lawang.Sebagianbesarsiswatidakmencapaiketuntasanminim-umdalamtespadamateritersebut.Kesulitansiswatidakhanyaberkisarpadamaterinamunjugapadajenissoalyaitusoalcerita.Sebagianbesarsiswatidakmampumenjawabsoalceritadalamtesdenganbenar.Karenamasalahtersebutdilakukanpenelitianuntukmengetahuiletakkesalahansiswa.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesalahanyangdilakukansiswasaatmenyelesaiakansoalcerita.Kesalahansiswadideskripsikanmengguna-kanmetodeanalisiskesalahanNewman.HasilpenelitianinimenyatakanbahwatidakadasiswayangmencapaiSKMyaituskor75dalamtes.Kesalahanyangdilakukansiswadalamme-nyelesaikansoalsesuaimetodeNewmanyaitukesalahancomprehensionstrategyknow-howtransformationprocessskilldansolution.Kesalahancomprehensionyangdilakukansiswaantaralain(1)tidakmenuliskanapayangdiketahuimau-punyangditanyakandenganlengkap(2)salahmenuliskanyangditanyakan.Kesalahanstrategyknow-howyangdilakukansiswaantaralain(1)tidaktahustrategiyangdigunakandalammenyelesaikanmasalah(2)tidakmenggunakankonseppersamaangarislurusdalammeyelesaikanmasalah(3)salahmemilihoperasiuntukmenentukansolusi(4)memaksakanstrategiyangmustahil.Kesalahantransformationyangdilakukansiswayaitu(1)salahmentransformasi-kaninformasidarigrafikkepersamaan(2)tidaklengkapdalammentransformasi-kanmasalahkekalimatmatematika(3)tidakmampumentransformasikanmasalahkekalimatmatematika.Kesalahanprocessskillyangdilakukansiswayaitu(1)tidakmenuliskanprosesuntukmenemukansolusi(2)menuliskanprosesyangmustahil(3)melakukankesalahanprosesdalammenemukansolusi.Kesalahansolutionyangdilakukansiswaantaralain(1)menuliskansolusiyangmustahil(2)menuliskansolusiyangtidaktepat(3)tidakmenuliskansolusisoal(4)menuliskansolusisoaltanpaalasanyangmendukungsolusitersebut(5)menuliskansolusidenganalasanyangmustahil.