Diagnosis kesulitan dalam pemecahan masalah teorema pythagoras dan pemberian scaffolding pada siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Sabta Wiyasaningtiyas

Main Author: Wiyasaningtiyas, Sabta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17154/
Daftar Isi:
  • KataKuncidiagnosiskesulitansiswapemecahanmasalahscaffolding.Tingkatpemahamanmatematikaseorangsiswalebihdipengaruhiolehpengalamansiswaitusendiri.Prosestersebutdimulaidaripengalamansiswaharusdiberikesempatanseluas-luasnyauntukmengkontruksisendiripengetahuanyangharusdimiliki.Berbagaipendekatansaatinidikembangkanuntukmeningkatkankualitaspembelajarandikelassalahsatudiantaranyaadalahpendekatankontruktivis.Pendekataninimemberikesempatansiswauntukmenggunakanstrateginyasendiridalambelajar.Seseorangakandapatmenyelesaikanpermasalahanyangtingkatkesulitannyalebihtinggidarikemampuandasarnyasetelahiamendapatbantuandariseseoranglebihkompeten.Vygotskymenyebutbantuanyangdemikianinidenganistilahdukungandinamis/scaffolding.Penelitianinidilaksanakanuntukmengkajikesulitansiswadalammemecahkanmasalahsertapemberianscaffolding.MasalahyangdigunakanadalahduasoalyangterkaitdenganmateriTeoremaPythagoras.KesulitanyangdialamisiswadalammemecahkanmasalahberfokuspadaempatlangkahpemecahanmasalahmenurutPolyayaitu(1)memahamimasalah(2)merencanakanpenyelesaian(3)menyelesaikanmasalahsesuairencanadan(4)memeriksakembali.PemberianscaffoldingdalampenelitianinimengacupadatigatingkatscaffoldingmenurutAnghileri(2006).DarihasilpenelitianditemukanbahwakesulitanyangdialamisiswadalammemecahkanmasalahyangberkaitandenganTeoremaPythagorassebagianbesarterletakpadaketidakpahamansiswaterhadapperbandingansisisudutkhususpadasegitigasiku-siku.ScaffoldingyangdilakukanadalahmemintasiswamengaitkannyadenganjenissertasifatsuatusegitigadankonsepdasarTeoremaPythagorasyangtelahmerekapelajari.Kesulitansiswayanglainadalahmenyederhanakanbentukakar.Scaffoldingyangdilakukanadalahmemintasiswamemfaktorkanbilanganakartersebutsetelahitumemilihpasanganbilanganyangsalahsatubilangannyamerupakanakarkuadrat.Berdasarkantemuanpadapenelitianinipenelitimenyarankankepadagurusebelummelaksanakanpembelajaranhendaknyamerencanakanbagaimanadalampembelajarantersebutsiswadapatmenggunakandanmenghubungkankemampuanyangsudahiadapatkansebelumnyadenganpengetahuanyangakaniapelajariselanjutnya.Kajiandalampenelitianiniterbatasuntukituperluadanyapenelitiandengankajianyanglebihmendalampadamasalahyanglain.