Diagnosis kesulitan dalam pemecahan masalah teorema pythagoras dan pemberian scaffolding pada siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Sabta Wiyasaningtiyas
Main Author: | Wiyasaningtiyas, Sabta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17154/ |
Daftar Isi:
- KataKuncidiagnosiskesulitansiswapemecahanmasalahscaffolding.Tingkatpemahamanmatematikaseorangsiswalebihdipengaruhiolehpengalamansiswaitusendiri.Prosestersebutdimulaidaripengalamansiswaharusdiberikesempatanseluas-luasnyauntukmengkontruksisendiripengetahuanyangharusdimiliki.Berbagaipendekatansaatinidikembangkanuntukmeningkatkankualitaspembelajarandikelassalahsatudiantaranyaadalahpendekatankontruktivis.Pendekataninimemberikesempatansiswauntukmenggunakanstrateginyasendiridalambelajar.Seseorangakandapatmenyelesaikanpermasalahanyangtingkatkesulitannyalebihtinggidarikemampuandasarnyasetelahiamendapatbantuandariseseoranglebihkompeten.Vygotskymenyebutbantuanyangdemikianinidenganistilahdukungandinamis/scaffolding.Penelitianinidilaksanakanuntukmengkajikesulitansiswadalammemecahkanmasalahsertapemberianscaffolding.MasalahyangdigunakanadalahduasoalyangterkaitdenganmateriTeoremaPythagoras.KesulitanyangdialamisiswadalammemecahkanmasalahberfokuspadaempatlangkahpemecahanmasalahmenurutPolyayaitu(1)memahamimasalah(2)merencanakanpenyelesaian(3)menyelesaikanmasalahsesuairencanadan(4)memeriksakembali.PemberianscaffoldingdalampenelitianinimengacupadatigatingkatscaffoldingmenurutAnghileri(2006).DarihasilpenelitianditemukanbahwakesulitanyangdialamisiswadalammemecahkanmasalahyangberkaitandenganTeoremaPythagorassebagianbesarterletakpadaketidakpahamansiswaterhadapperbandingansisisudutkhususpadasegitigasiku-siku.ScaffoldingyangdilakukanadalahmemintasiswamengaitkannyadenganjenissertasifatsuatusegitigadankonsepdasarTeoremaPythagorasyangtelahmerekapelajari.Kesulitansiswayanglainadalahmenyederhanakanbentukakar.Scaffoldingyangdilakukanadalahmemintasiswamemfaktorkanbilanganakartersebutsetelahitumemilihpasanganbilanganyangsalahsatubilangannyamerupakanakarkuadrat.Berdasarkantemuanpadapenelitianinipenelitimenyarankankepadagurusebelummelaksanakanpembelajaranhendaknyamerencanakanbagaimanadalampembelajarantersebutsiswadapatmenggunakandanmenghubungkankemampuanyangsudahiadapatkansebelumnyadenganpengetahuanyangakaniapelajariselanjutnya.Kajiandalampenelitianiniterbatasuntukituperluadanyapenelitiandengankajianyanglebihmendalampadamasalahyanglain.