Efektivitas teknik permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa SMP kelas VII di SMP Negeri 20 Malang / Lilik Muyassaroh Hasan
Main Author: | Hasan, Lilik Muyassaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1714/ |
Daftar Isi:
- HasanLilikMuyassaroh.2009.EfektivitasTeknikPermainanSimulasidalamBimbinganKelompokuntukMeningkatkanKeterampilanHubunganInterpersonalSiswaKelasVIIdiSMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AdiAtmokoM.Si(II)Dra.HennyIndreswariM.Pd.KatakuncipermainansimulasibimbingankelompokketerampilanhubunganinterpersonalPermainansimulasiadalahsalahsatupermainanedukatifyangdigunakandalambimbingankelompok.PenelitianinibertujuanmengetahuiefektivitaspermainansimulasidalambimbingankelompokuntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalsiswakelasVII.Rancanganyangdigunakanadalaheksperimensemu.DatadianalisisdenganujiWilcoxon.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadakelompokeksperimenadaperbedaanantaraskorpretesdanskorpostes(nilaiZ-2.803asympsig0.0050.05)sedangkanpadakelompokkontroltidakadaperbedaanantaraskorpretetdanpostes(nilaiZ-0.178asympsig0.8590.05).Hasiltersebutmenunjukkanbahwatreatmentpermainansimulasiterbuktiefektifuntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalsiswadengangainperbedaanmeanskorpostesdanpretessebesar53.9poin.Berdasarkanhasildisarankankepada1)konseloragarmenggunakanpermainansimulasisebagaisalahsatuteknikdalammelayanibimbingankepadasiswa2)gurubidangstudibahasaIndonesiaPPKnbahasaInggrisbisamenggunakanmediapermainansimulasiuntukmenyampaikanmateripelajaranagarsiswatidakbosandalammengikutikegiatanpembelajaransertaketerampilanhubunganinterpersonalsiswadapatmeningkat3)penelitiberikutnyadapatmembuatpenelitianpengembanganpermainansimulasidenganpokokbahasanketerampilanhubunganintrapersonaldenganmenggunakantingkatansekolahdansubyekpenelitianyangberbedaselainitupenelitilainjugabisamelakukanpenelitiandenganmenggunakantekniklainsepertisosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalsiswa.