Pemodelan matematika untuk menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan (studi kasus Jalan KH. Wahid Hasyim, Jombang) / Desiana Tri Lestari

Main Author: Lestari, Desiana Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17136/
Daftar Isi:
  • KataKunciPemodelanmatematikakemacetandansiklusnyalalampuSalahsatupenyebabkemacetanlalulintasadalahpersimpanganjalan.Setiappersimpanganjalandiberilampulalulintasuntukmengaturkendaraanyangmelewatipersimpanganjalantersebut.Adanyalampulalulintasbertujuanagarkendaraandapatberjalandengantertibdanlancarsesuaidenganlampuindikatoryangmemberikantandakapanharusberhentidankapanharusberjalan.Biasanyalampulalulintasdiletakkanpadapertigaandanpersimpanganjalan.Selamainipengaturannyalalampulalulintasdibuattetapdantidakbisaberadaptasidengankepadatanlalulintas.Studikasusyangdikembangkanadalahpemodelanbanyaknyakendaraanyangmasukkedalamsistemtunggudanbanyaknyakendaraanyangkeluardarisistemlayananlampulalulintas.Permasalahandalampenelitianiniadalahmemodelkandalambentukpemodelanmatematikadanmencariwaktuminimumdalammenentukansiklusnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiwaktuminimumdalammenentukansiklusnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalantersebut.MetodepenelitianyangdigunakanmetodeobservasidenganobyekobservasiadalahpersimpanganJalanKH.WahidHasyim.Analisisyangdigunakanuntukmencariwaktuminimumpadasaatlampuhijaumenyala6148061481nvlwG.m6148361501inHasilperhitungannyalalampulalulintasyangdiperolehdaripersimpanganJalanKH.WahidHasyimyaitunyalalampuhijaupadamasingmasingjalan.AkhirdaripemodelanmatematikayangdiperolehdapatdiketahuiantrianmaksimalyangberadapadapersimpanganJalanKH.WahidHasyimpadasistemtunggu(antrian).DengandemikiandiperolehsikluswaktuminimumuntukJalanKH.WahidHasyimadalah24046detikJalanKH.HasyimAsyariadalah24367detikJalanGatotSubroto23773detikdanJalanBasukiRahmadadalah23773detik.Modelyangdigunakansemogabermanfaatuntukmenentukansiklusminimumnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalanagartidakterjadipenundaanataukemacetanpadasistemtunggu.Selainitupihakyangterkaitlebihmeningkatkankinerjanyadalampenertibanparapengendarapadasaatmelintasipersimpanganjalan.i