Pemodelan matematika untuk menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan (studi kasus Jalan KH. Wahid Hasyim, Jombang) / Desiana Tri Lestari
Main Author: | Lestari, Desiana Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17136/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPemodelanmatematikakemacetandansiklusnyalalampuSalahsatupenyebabkemacetanlalulintasadalahpersimpanganjalan.Setiappersimpanganjalandiberilampulalulintasuntukmengaturkendaraanyangmelewatipersimpanganjalantersebut.Adanyalampulalulintasbertujuanagarkendaraandapatberjalandengantertibdanlancarsesuaidenganlampuindikatoryangmemberikantandakapanharusberhentidankapanharusberjalan.Biasanyalampulalulintasdiletakkanpadapertigaandanpersimpanganjalan.Selamainipengaturannyalalampulalulintasdibuattetapdantidakbisaberadaptasidengankepadatanlalulintas.Studikasusyangdikembangkanadalahpemodelanbanyaknyakendaraanyangmasukkedalamsistemtunggudanbanyaknyakendaraanyangkeluardarisistemlayananlampulalulintas.Permasalahandalampenelitianiniadalahmemodelkandalambentukpemodelanmatematikadanmencariwaktuminimumdalammenentukansiklusnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiwaktuminimumdalammenentukansiklusnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalantersebut.MetodepenelitianyangdigunakanmetodeobservasidenganobyekobservasiadalahpersimpanganJalanKH.WahidHasyim.Analisisyangdigunakanuntukmencariwaktuminimumpadasaatlampuhijaumenyala6148061481nvlwG.m6148361501inHasilperhitungannyalalampulalulintasyangdiperolehdaripersimpanganJalanKH.WahidHasyimyaitunyalalampuhijaupadamasingmasingjalan.AkhirdaripemodelanmatematikayangdiperolehdapatdiketahuiantrianmaksimalyangberadapadapersimpanganJalanKH.WahidHasyimpadasistemtunggu(antrian).DengandemikiandiperolehsikluswaktuminimumuntukJalanKH.WahidHasyimadalah24046detikJalanKH.HasyimAsyariadalah24367detikJalanGatotSubroto23773detikdanJalanBasukiRahmadadalah23773detik.Modelyangdigunakansemogabermanfaatuntukmenentukansiklusminimumnyalalampulalulintaspadapersimpanganjalanagartidakterjadipenundaanataukemacetanpadasistemtunggu.Selainitupihakyangterkaitlebihmeningkatkankinerjanyadalampenertibanparapengendarapadasaatmelintasipersimpanganjalan.i