Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar lingkaran siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung / Nur Widhi Hastuti

Main Author: Hastuti, Nur Widhi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17122/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranThinkPairSharehasilbelajarlingkaran.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdiperolehinformasibahwapembelajaranlingkarankhususnyamaterimenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahseringmenerapkanmetodeceramahdansiswalangsungdiberitugas.BerdasarkankenyataantersebutmembuatsiswakelasVIIIpasifdalampembelajaranmenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahsehinggamengakibatkanhasilbelajarkurangmaksimalyaitudari38siswahanya10siswayangmencapaiSKBM.PenelitianyangdilakukandiSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdengansubjeksiswakelasVIII-Cyangterdiridari38siswabertujuan(1)mendeskripsikanpembelajaranThinkPairSharepadamaterilingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdan(2)meningkatkanhasilbelajarlingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare.PenelitianinimenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare.ModelpembelajaranThinkPairSharedipercayamampumengatasimasalahrendahnyahasilbelajarmenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahdanmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangsederhanayangdirancanguntukmempengaruhipolainteraksisiswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Datapenelitiandikumpulkandarihasiltespadasetiapakhirsiklushasilobservasiaktivitassiswadanguruselamaprosespembelajarandanwawancara.Datayangadadianalisisdandidiskusikansehinggadapatditarikkesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapresentasehasiltessiswayangmendapatkannilai65padasiklusIadalah7631%sedangkanpadasiklusIIadalah8684%.Skorrata-rataaktivitassiswadangurupadasiklusIadalah4125termasukkategoribaiksedangkanpadasiklusIIadalah535termasukkategorisangatbaiksehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharedapatmeningkatkanhasilbelajarlingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagung.