Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar lingkaran siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung / Nur Widhi Hastuti
Main Author: | Hastuti, Nur Widhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17122/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranThinkPairSharehasilbelajarlingkaran.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukandengangurumatematikakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdiperolehinformasibahwapembelajaranlingkarankhususnyamaterimenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahseringmenerapkanmetodeceramahdansiswalangsungdiberitugas.BerdasarkankenyataantersebutmembuatsiswakelasVIIIpasifdalampembelajaranmenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahsehinggamengakibatkanhasilbelajarkurangmaksimalyaitudari38siswahanya10siswayangmencapaiSKBM.PenelitianyangdilakukandiSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdengansubjeksiswakelasVIII-Cyangterdiridari38siswabertujuan(1)mendeskripsikanpembelajaranThinkPairSharepadamaterilingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdan(2)meningkatkanhasilbelajarlingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagungdenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare.PenelitianinimenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare.ModelpembelajaranThinkPairSharedipercayamampumengatasimasalahrendahnyahasilbelajarmenggunakanhubungansudutpusatpanjangbusurluasjuringdalammenyelesaikanmasalahdanmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangsederhanayangdirancanguntukmempengaruhipolainteraksisiswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Datapenelitiandikumpulkandarihasiltespadasetiapakhirsiklushasilobservasiaktivitassiswadanguruselamaprosespembelajarandanwawancara.Datayangadadianalisisdandidiskusikansehinggadapatditarikkesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapresentasehasiltessiswayangmendapatkannilai65padasiklusIadalah7631%sedangkanpadasiklusIIadalah8684%.Skorrata-rataaktivitassiswadangurupadasiklusIadalah4125termasukkategoribaiksedangkanpadasiklusIIadalah535termasukkategorisangatbaiksehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharedapatmeningkatkanhasilbelajarlingkaransiswakelasVIII-CSMPNegeri3KedungwaruTulungagung.