Mix Fleet Vehicle Routing Problem (MFVRP) dengan menggunakan algoritma sweep dan penerapannya / Isro'atul Maulidiyah
Main Author: | Maulidiyah, Isro'atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17119/ |
Daftar Isi:
- KataKunciVehicleRoutingProblemVRPwithhetereougeneousvehicleMixFleetVehicleRoutingProblemAlgoritmaSweepMetodeNearestInsertionHeuristic.Permasalahanpenyediaanbarangataujasadaridepot(pusatdistribusi)kecustomeryangletaknyatersebardiberbagaitempatataulokasimerupakansalahsatucontohdaripermasalahandistribusi.Letakcustomeryangtersebardiberbagaitempatinilahyangseringkalimenyebabkankendaraanmenempuhjarakyangjauhdankurangefisienataukurangoptimal.SalahsatukonseppadateorigraphyangdapatditerapkanuntukmenyelesaikanmasalahiniyaituVehicleRoutingProblem(VRP)sedangkansalahsatupengembangandaripermasalahanVRPyaituMixFleetVehicleRouting(MFVRP)yangmerupakanpengembangandariVRPdenganpenambahankendaladimanadepotdalampengirimanbarangkepadacustomerdengankapasitassejumlahkendaraanyangdimilikiolehdepotberbeda-beda.PermasalahanMFVRPyangdibahasdiselesaikandenganmenggunakanAlgoritmaSweepdanalgoritmaInsertionHeuristicdigambarkandengansuatugraph.Gambargraphtersebutdianggapsebagaipetayangmenjelaskankemungkinanjaluryangdapatdilewatidengansetiaptitikmewakilidepotdanpelanggansetiapsisimenunjukkanjalanyangmenghubungkanantartitikdansetiapbobotpadasisimewakilijarak.JumlahpermintaanbarangdinotasikandenganiddankapasitaskendaraanjeniskdengankQ.AlgoritmaSweepdigunakandalamtahappertamayaitutahapinisialisasiawalyaitupembentukangrupberdasarkanlokasicustomeryangsalingberdekatansedangkandalamperluasanrutedigunakanalgoritmaInsertionHeuristic.PembahasanmengenaipermasalahanMFVRPinimemberikanbeberapaanalisa.AlgoritmasweepyangdigunakandalampenyelesaianpermasalahanMFVRPyaitupemilihantitikpelangganyangnantinyaakandimasukkandalamgrupdidasarkanpadajumlahpermintaanterbanyakterlebihdahuludanletakcustomeryangletaknyaberdekatan.Urutanpelangganharusdiperhatikanagartidakterjadipelanggaranterhadapkendalakapasitas.BerdasarkanempatcontohyangtelahdibahasdiketahuibahwaalgoritmasweepyangdigunakandalamtahapinisialisasiawaldanmetodeInsertionHeuristicdalamperluasanrutemenghasilkanjaraktempuhyangminimumdibandingkanpenggunaanmetodeInsertionHeuristic.UntukmenyelesaikanmasalahMFVRPdibuatprogramdenganmemanfaatkansoftwareDelphi7.Setelahdiamatiprosespengerjaandenganalgoritmasweepsecaramanualataupunmenggunakanimplementasiprogrammemberikanhasilyangsama.