Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi himpunan berbasis kontekstual untuk kelas VII SMP / Anur Rochmaniah

Main Author: Rochmaniah, Anur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17115/
Daftar Isi:
  • KataKunciLembarKerjaSiswapembelajarankontekstualhimpunanBerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikapadasaatPPLdiSMPN21Malangmaterihimpunanmerupakanmateriyangdirasasulitbagisiswa.LKSyangdigunakansiswakurangmenarikdancenderunglangsungmemberikanpermasalahan-permasalahanformaltanpamengawalidengankehidupansekitarsiswa.Padapokokbahasanhimpunanpembagiankompetensidasarcenderungkurangefektifkarenaterdapatbeberapamateriyangpembelajarannyadapatdilakukansecarabersama-samaseperticontohnyasubmateriopersihimpunandandiagramvenn.Pembelajarankontekstualmerupakansalahsatupembelajaranyangdapatditerapkanpadamaterihimpunansehinggaprosesbelajarsiswadiawalidarikehidupapnsekitarsiswa.OlehkarenaitutujuandaripengembanganiniadalahtersusunnyaLKSmaterihimpunanberbasiskontekstualuntukkelasVIISMP.Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)pengembanganrancanganLKS(3)penyusunanLKSdan(4)penilaianLKS.LKShasilpengembangandivalidasioleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikadan2gurumatematikaSMP.SetelahituLKSdiujicobakankepada6siswakelasVISD.BerdasarkanhasilpenilaianvalidatorpadatiappoinlembarvalidasidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanvaliddenganpersentase7333%.SementaraituhasilujicobaLKSpadakelompokkecildiperolehkesimpulanbahwaLKSyangdikembangkanmenarikdansiswadapatmengerjakancekpemahamanyangdiberikansertamemenuhiSKMyangditentukan.SaranuntukpengembanganLKSselanjutnyadiharapkanmengembangkanLKSkontekstualpadamaterilainnya.SelainitudiharapkanLKShasilpengembanganiniditerapkanpadaprosesbelajarmengajarsiswakelasVIISMP.