Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi himpunan berbasis kontekstual untuk kelas VII SMP / Anur Rochmaniah
Main Author: | Rochmaniah, Anur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17115/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLembarKerjaSiswapembelajarankontekstualhimpunanBerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikapadasaatPPLdiSMPN21Malangmaterihimpunanmerupakanmateriyangdirasasulitbagisiswa.LKSyangdigunakansiswakurangmenarikdancenderunglangsungmemberikanpermasalahan-permasalahanformaltanpamengawalidengankehidupansekitarsiswa.Padapokokbahasanhimpunanpembagiankompetensidasarcenderungkurangefektifkarenaterdapatbeberapamateriyangpembelajarannyadapatdilakukansecarabersama-samaseperticontohnyasubmateriopersihimpunandandiagramvenn.Pembelajarankontekstualmerupakansalahsatupembelajaranyangdapatditerapkanpadamaterihimpunansehinggaprosesbelajarsiswadiawalidarikehidupapnsekitarsiswa.OlehkarenaitutujuandaripengembanganiniadalahtersusunnyaLKSmaterihimpunanberbasiskontekstualuntukkelasVIISMP.Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)pengembanganrancanganLKS(3)penyusunanLKSdan(4)penilaianLKS.LKShasilpengembangandivalidasioleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikadan2gurumatematikaSMP.SetelahituLKSdiujicobakankepada6siswakelasVISD.BerdasarkanhasilpenilaianvalidatorpadatiappoinlembarvalidasidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanvaliddenganpersentase7333%.SementaraituhasilujicobaLKSpadakelompokkecildiperolehkesimpulanbahwaLKSyangdikembangkanmenarikdansiswadapatmengerjakancekpemahamanyangdiberikansertamemenuhiSKMyangditentukan.SaranuntukpengembanganLKSselanjutnyadiharapkanmengembangkanLKSkontekstualpadamaterilainnya.SelainitudiharapkanLKShasilpengembanganiniditerapkanpadaprosesbelajarmengajarsiswakelasVIISMP.