Pengembangan lembar kerja siswa materi peluang untuk siswa SMP kelas IX semester satu dengan pendekatan realistik / Betty Yuliana Wulandari

Main Author: Wulandari, Betty Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17114/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganlembarkerjasiswapeluangpendekatanrealistik.Usahayangdapatdilakukanuntukmembuatpembelajaranmenyenangkansalahsatunyadenganmengembangkanbahanajaryangmenarik.DalamskripsiinibahanajaryangdikembangkanadalahLembarKerjaSiswabesertaRPP.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukandenganbeberapaguruSMPsalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswaadalahpeluang.Apabiladicermatibanyakkegiatansehari-hariyangdapatdigunakansebagaicontohdalampermasalahanpeluang.DenganalasantersebutpengembanganLembarKerjaSiswadilakukanmenggunakanpendekatanrealistikyangmengupayakanmunculnyalimakarakteristikRMEyaitumasalahnyatapenggunaanmodelkontribusisiswainteraktifdanketerkaitan.Secaralengkapnyapadapengembanganinisemuamasalahyangdisajikanberupakegiatanyangdekatdenganduniasiswasehinggakonsep-konsepmatematikamudahdikonstruksi.Selanjutnyauntukmendapatkonsepyangakandicapaisiswadiberikanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatmembimbing.DisampingitupadaLKSiniterdapatkegiatanpercobaanmenggunakanperalatansekolahatupunbendayangseringdijimpaisiswa.PengembanganyangdilakukanberdasarkanpengembanganyangdiungkapkanolehSantyasayangmelaluilimatahapanyaitupenentuanmaterianalisiskebutuhanpengembangandraftmenyusundrafttinjauanahlidanujicoba.Apabiladraftpengembangantelahselesaiuntukmenjadiprodukakhirdilakukanvalidasidanujikeefektifan.Validasidilakukanoleh3validatordenganlembarvalidasiyangdisediakan.Setelahdilakukanujivalidasipengembanganinidinyatakanvalid.SelanjutnyadilakukanujikeefektifanyaituujicobakelompokkecildengansembilanorangsiswakelasVIIdiSMPN8Malang.Berdasarkanujicobatersebutdiketahuibahwapengembanganiniefektifyaitumendapatresponpositifyangdiperolehdariangketsiswadanmasing-masingsiswadapatmemperolehskordiatas70saatmengerjakanlatihansoal.SetelahmelaluiprosesvalidasidanujiefektifitaspengembanganLKSinimendapatbeberapasarandarivalidatordansiswayangdapatdigunakandalamprosesperbaikanagarlebihlayakdigunakansaatkegiatanpembelajaran.Diharapkandenganprodukakhirtersebutkegiatanpembelajaranmateripeluanglebihmenyenangkandandapatmenjadireferensiuntukparagurudalammengembangkanbahanajar.