Pengembangan lembar kerja siswa materi peluang untuk siswa SMP kelas IX semester satu dengan pendekatan realistik / Betty Yuliana Wulandari
Main Author: | Wulandari, Betty Yuliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17114/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganlembarkerjasiswapeluangpendekatanrealistik.Usahayangdapatdilakukanuntukmembuatpembelajaranmenyenangkansalahsatunyadenganmengembangkanbahanajaryangmenarik.DalamskripsiinibahanajaryangdikembangkanadalahLembarKerjaSiswabesertaRPP.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukandenganbeberapaguruSMPsalahsatumateriyangdianggapsulitolehsiswaadalahpeluang.Apabiladicermatibanyakkegiatansehari-hariyangdapatdigunakansebagaicontohdalampermasalahanpeluang.DenganalasantersebutpengembanganLembarKerjaSiswadilakukanmenggunakanpendekatanrealistikyangmengupayakanmunculnyalimakarakteristikRMEyaitumasalahnyatapenggunaanmodelkontribusisiswainteraktifdanketerkaitan.Secaralengkapnyapadapengembanganinisemuamasalahyangdisajikanberupakegiatanyangdekatdenganduniasiswasehinggakonsep-konsepmatematikamudahdikonstruksi.Selanjutnyauntukmendapatkonsepyangakandicapaisiswadiberikanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatmembimbing.DisampingitupadaLKSiniterdapatkegiatanpercobaanmenggunakanperalatansekolahatupunbendayangseringdijimpaisiswa.PengembanganyangdilakukanberdasarkanpengembanganyangdiungkapkanolehSantyasayangmelaluilimatahapanyaitupenentuanmaterianalisiskebutuhanpengembangandraftmenyusundrafttinjauanahlidanujicoba.Apabiladraftpengembangantelahselesaiuntukmenjadiprodukakhirdilakukanvalidasidanujikeefektifan.Validasidilakukanoleh3validatordenganlembarvalidasiyangdisediakan.Setelahdilakukanujivalidasipengembanganinidinyatakanvalid.SelanjutnyadilakukanujikeefektifanyaituujicobakelompokkecildengansembilanorangsiswakelasVIIdiSMPN8Malang.Berdasarkanujicobatersebutdiketahuibahwapengembanganiniefektifyaitumendapatresponpositifyangdiperolehdariangketsiswadanmasing-masingsiswadapatmemperolehskordiatas70saatmengerjakanlatihansoal.SetelahmelaluiprosesvalidasidanujiefektifitaspengembanganLKSinimendapatbeberapasarandarivalidatordansiswayangdapatdigunakandalamprosesperbaikanagarlebihlayakdigunakansaatkegiatanpembelajaran.Diharapkandenganprodukakhirtersebutkegiatanpembelajaranmateripeluanglebihmenyenangkandandapatmenjadireferensiuntukparagurudalammengembangkanbahanajar.