Penerapan analisis konjoin (Conjoint Analysis) dalam pengembangan produk baru untuk sabun mandi padat (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Lisa Dewi Priyanti
Main Author: | Priyanti, Lisa Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17110/ |
Daftar Isi:
- KataKuncianalisiskonjoinatribut-atributbesertalevelnyayangmempengaruhipreferensimahasiswaJurusanMatematikadalampemilihanproduksabunmandipadatRegresiPeubahDummySabunmandiadalahsalahsatuprodukbisnisyangsangatmenguntungkankarenasabunmandimerupakankebutuhanpokokmasyarakat.Untukituperludilakukaninovasibaikdalamhalpromosireformasiprodukmaupunmerek.Untukmenghadapimasalahtersebutsalahsatucarayangbisadilakukanadalahmembuatsuatupengembanganprodukbaru.Produkbaruinimerupakanhasilpengembanganprodukyangmengalamimodifikasiinovasibaikkecilmaupunbesar(produkyangbelumpernahdijualolehoranglain).Padapenelitianinidigunakanmetodeanalisiskonjoinuntukmengetahuiatribut-atributbesertalevelnyadarisabunmandipadatyangpalingsesuaidengankeinginanparakonsumenkhususnyamahasiwaJurusanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Atributyangdigunakandalampenelitianinidiantaranyameliputimanfaatukuranaromawarnadanharga.Untukatributmanfaatterdiridarikecantikandankesehatanuntukatributukuranmeliputi70gram90gramdan120gramumtukatributaromameliputiaromabuaharomabungadanaromaparfumuntukatributwarnameliputiputihmudadangelapuntukatributhargameliputi3500.Dalamtahapananalisiskonjoininimenggunakanregresipeubahdummyuntukmencarikoefisienparthworthyangdigunakanuntukmencarinilaiutilityleveldarimasing-masingatributsabunmandipadat.Variabelrespondarikasusiniberupanilairata-ratapreferensi100respondendenganvariabelprediktornyayaitulevel-leveldariatributsabunmandipadatyangsudahdiubahkebentukvariabeldummydiantaranyameliputimanfaatkecantikan(X1)ukuran70gram(X2)ukuran90gram(X3)aromabuah(X4)aromabunga(X5)warnaputih(X6)warnamuda(X7)harga