Penerapan analisis konjoin (Conjoint Analysis) dalam pengembangan produk baru untuk sabun mandi padat (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Lisa Dewi Priyanti

Main Author: Priyanti, Lisa Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17110/
Daftar Isi:
  • KataKuncianalisiskonjoinatribut-atributbesertalevelnyayangmempengaruhipreferensimahasiswaJurusanMatematikadalampemilihanproduksabunmandipadatRegresiPeubahDummySabunmandiadalahsalahsatuprodukbisnisyangsangatmenguntungkankarenasabunmandimerupakankebutuhanpokokmasyarakat.Untukituperludilakukaninovasibaikdalamhalpromosireformasiprodukmaupunmerek.Untukmenghadapimasalahtersebutsalahsatucarayangbisadilakukanadalahmembuatsuatupengembanganprodukbaru.Produkbaruinimerupakanhasilpengembanganprodukyangmengalamimodifikasiinovasibaikkecilmaupunbesar(produkyangbelumpernahdijualolehoranglain).Padapenelitianinidigunakanmetodeanalisiskonjoinuntukmengetahuiatribut-atributbesertalevelnyadarisabunmandipadatyangpalingsesuaidengankeinginanparakonsumenkhususnyamahasiwaJurusanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Atributyangdigunakandalampenelitianinidiantaranyameliputimanfaatukuranaromawarnadanharga.Untukatributmanfaatterdiridarikecantikandankesehatanuntukatributukuranmeliputi70gram90gramdan120gramumtukatributaromameliputiaromabuaharomabungadanaromaparfumuntukatributwarnameliputiputihmudadangelapuntukatributhargameliputi3500.Dalamtahapananalisiskonjoininimenggunakanregresipeubahdummyuntukmencarikoefisienparthworthyangdigunakanuntukmencarinilaiutilityleveldarimasing-masingatributsabunmandipadat.Variabelrespondarikasusiniberupanilairata-ratapreferensi100respondendenganvariabelprediktornyayaitulevel-leveldariatributsabunmandipadatyangsudahdiubahkebentukvariabeldummydiantaranyameliputimanfaatkecantikan(X1)ukuran70gram(X2)ukuran90gram(X3)aromabuah(X4)aromabunga(X5)warnaputih(X6)warnamuda(X7)harga