Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi bangun datar lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Malang / Recca Sankly Yuswanti
Main Author: | Yuswanti, Recca Sankly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17108/ |
Daftar Isi:
- KataKunciquantumteachinglingkaranhasilbelajarBerdasarkanhasilwawancarayangdilakukanolehpenelitipadakelasVIII-JSMPNegeri2Malangditemukanbahwamaterilingkaranmerupakansalahsatumateriyangdianggapsulit.Halinidikarenakanpadamateritersebutsiswabanyakmengalamikesalahankonsepyangmengakibatkanhasilbelajaryangmerekacapaikurang.Salahsatupenyebabnyaadalahkesalahangurudalampemilihanmodelpembelajaran.Itulahyangmenjadialasanbagipenelitiuntukmelakukanpenelitiandenganmenggunakanmodelpembelajaranquantumteachingpadakelastersebut.Penelitianinidilaksanakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyapadamateribangundatarlingkaransehinggapenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanobservasisedangkaninstrumenpenelitianyangdigunakanberupalembarobservasiaktivitassiswadanguruteswawancarasertacatatanlapangan.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapperencanaantindakantahappelaksanaantindakantahappengamatandanyangterakhiradalahtahaprefleksi.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulan.PertamakeberhasilantindakanditinjaudariaspekpadasiklusIyangdilakukanolehkeduaobservermemilikirata-rata665%dankeberhasilantindakanditinjaudariaspekgurumemilikirata-rata675%.SedangkanpadasiklusIIkeberhasilantindakanditinjaudariaspeksiswamengalamipeningkatanmenjadi80%.Halituberlakupulapadakeberhasilantindakanditinjaudariaspekguruyangmengkatmenjadi815%.Keduapersentaseketuntasanbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Haliniterlihatdarijumlahsiswayangtuntasdalammengerjakanposttestpadasetiapsiklusnya.PadasiklusIjumlahsiswayangtuntasadalah17siswasehinggapersentaseketuntasansiswadalambelajaradalah708%.MengalamipeningkatanpadasiklusIIdenganpersentaseketuntasanbelajaradalah875%dengan21siswayangtuntas.Darikeduasimpulantersebutdapatdisimpulkanbahwapembelajaranquantumteachingdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.