Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi bangun datar lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Malang / Recca Sankly Yuswanti

Main Author: Yuswanti, Recca Sankly
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17108/
Daftar Isi:
  • KataKunciquantumteachinglingkaranhasilbelajarBerdasarkanhasilwawancarayangdilakukanolehpenelitipadakelasVIII-JSMPNegeri2Malangditemukanbahwamaterilingkaranmerupakansalahsatumateriyangdianggapsulit.Halinidikarenakanpadamateritersebutsiswabanyakmengalamikesalahankonsepyangmengakibatkanhasilbelajaryangmerekacapaikurang.Salahsatupenyebabnyaadalahkesalahangurudalampemilihanmodelpembelajaran.Itulahyangmenjadialasanbagipenelitiuntukmelakukanpenelitiandenganmenggunakanmodelpembelajaranquantumteachingpadakelastersebut.Penelitianinidilaksanakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyapadamateribangundatarlingkaransehinggapenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanobservasisedangkaninstrumenpenelitianyangdigunakanberupalembarobservasiaktivitassiswadanguruteswawancarasertacatatanlapangan.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapperencanaantindakantahappelaksanaantindakantahappengamatandanyangterakhiradalahtahaprefleksi.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulan.PertamakeberhasilantindakanditinjaudariaspekpadasiklusIyangdilakukanolehkeduaobservermemilikirata-rata665%dankeberhasilantindakanditinjaudariaspekgurumemilikirata-rata675%.SedangkanpadasiklusIIkeberhasilantindakanditinjaudariaspeksiswamengalamipeningkatanmenjadi80%.Halituberlakupulapadakeberhasilantindakanditinjaudariaspekguruyangmengkatmenjadi815%.Keduapersentaseketuntasanbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Haliniterlihatdarijumlahsiswayangtuntasdalammengerjakanposttestpadasetiapsiklusnya.PadasiklusIjumlahsiswayangtuntasadalah17siswasehinggapersentaseketuntasansiswadalambelajaradalah708%.MengalamipeningkatanpadasiklusIIdenganpersentaseketuntasanbelajaradalah875%dengan21siswayangtuntas.Darikeduasimpulantersebutdapatdisimpulkanbahwapembelajaranquantumteachingdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.