Perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif STAD menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan penerapan pembelajaran ekspositori / Innayatul Azizah

Main Author: Azizah, Innayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17093/
Daftar Isi:
  • KatakuncihasilbelajarpembelajarankooperatifSTADpemecahanmasalahdanpembelajaranekspositoriMenurutKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)salahsatukemampuanyangharusdimilikisiswaadalahkemampuanmemecahkanmasalah.Gurubidangstudiharusmemilikikemampuanmemilihpembelajaranyangcocokuntukmengembangkankemampuanmemecahkanmasalahsiswagunamemenuhituntutantersebut.PembelajaranyangdigunakanolehgurumatematikakelasXMAAlMaarifSingosariadalahpenyajianmateridenganceramahpemberiancontohsoaldanpengerjaansoal.Pembelajaraninimembuatsiswamenjadipasif.PembelajaranKooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahmerupakanalternatifsolusiuntukmeningkatkankeaktifandankemampuansiswadalammemecahkanmasalah.OlehsebabitupenelitianinimenerapkanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanpembelajarankooperatifSTADmenggunakanpemecahanmasalahdenganpembelajaranekspositori.PenelitianinidilakukandiMAAlMaarifSingosariMalang.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXMAAlMaarifSingosari.Sampelpenelitianterdiriataskelompokkontroldankelompokeksperimen.KelompokkontroladalahkelompokyangdiajardenganpembelajaranekspositorisedangkankelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajardenganpembelajarankooperatifSTADmenggunakanpendekatanpemecahanmasalah.Datakemampuanawaldiperolehdaritesawalpokokbahasanpangkatakardanlogaritma.Datahasilbelajardiperolehdaritesakhirsubpokokbahasanpersamaankuadrat.UjihipotesisdilakukandenganmenggunakanprogramSPSSdengantarafkepercayaan95%.Hasilujihipotesismenunjukkanp-value0000.Nilaiinilebihkecildari005sehinggaditolak.BerdasarkanhasiltersebutmakadiambilkesimpulanbahwahasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahlebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajaranekspositori.Rata-rataskorhasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahadalah7506dansiswayangmenggunakanpembelajaranekspositoriadalah6896.