Perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif STAD menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan penerapan pembelajaran ekspositori / Innayatul Azizah
Main Author: | Azizah, Innayatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17093/ |
Daftar Isi:
- KatakuncihasilbelajarpembelajarankooperatifSTADpemecahanmasalahdanpembelajaranekspositoriMenurutKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)salahsatukemampuanyangharusdimilikisiswaadalahkemampuanmemecahkanmasalah.Gurubidangstudiharusmemilikikemampuanmemilihpembelajaranyangcocokuntukmengembangkankemampuanmemecahkanmasalahsiswagunamemenuhituntutantersebut.PembelajaranyangdigunakanolehgurumatematikakelasXMAAlMaarifSingosariadalahpenyajianmateridenganceramahpemberiancontohsoaldanpengerjaansoal.Pembelajaraninimembuatsiswamenjadipasif.PembelajaranKooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahmerupakanalternatifsolusiuntukmeningkatkankeaktifandankemampuansiswadalammemecahkanmasalah.OlehsebabitupenelitianinimenerapkanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanpembelajarankooperatifSTADmenggunakanpemecahanmasalahdenganpembelajaranekspositori.PenelitianinidilakukandiMAAlMaarifSingosariMalang.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXMAAlMaarifSingosari.Sampelpenelitianterdiriataskelompokkontroldankelompokeksperimen.KelompokkontroladalahkelompokyangdiajardenganpembelajaranekspositorisedangkankelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajardenganpembelajarankooperatifSTADmenggunakanpendekatanpemecahanmasalah.Datakemampuanawaldiperolehdaritesawalpokokbahasanpangkatakardanlogaritma.Datahasilbelajardiperolehdaritesakhirsubpokokbahasanpersamaankuadrat.UjihipotesisdilakukandenganmenggunakanprogramSPSSdengantarafkepercayaan95%.Hasilujihipotesismenunjukkanp-value0000.Nilaiinilebihkecildari005sehinggaditolak.BerdasarkanhasiltersebutmakadiambilkesimpulanbahwahasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahlebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajaranekspositori.Rata-rataskorhasilbelajarsiswayangmenggunakanpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatanpemecahanmasalahadalah7506dansiswayangmenggunakanpembelajaranekspositoriadalah6896.