Pemetaan persepsi mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap produk operator seluler melalui analisis Multidimensional Scaling (MDS) / Bertha Pungkasari

Main Author: Pungkasari, Bertha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17091/
Daftar Isi:
  • KataKuncipersepsiprodukoperatorseluleranalisisMultidimensionalScaling(MDS)Perkembanganteknologikomunikasiyangsemakinpesatmembawaperubahanyangcukupbesarterhadapperilakudanlingkungandalamsegalabidang.Perkembanganyangpesatinimenjadikankebutuhanmasyarakatakankomunikasijugamengalamipeningkatan.Kebutuhanakankomunikasiinimenjadikanalatkomunikasisepertiteleponselulertidaklagidipandangsebagaibarangyangmahalmengingatpentingnyakomunikasiyangdibutuhkan.Semuaitumendorongparaperusahaanpenyediajasalayanantelekomunikasiseluleruntukberlomba-lombamengeluarkankartuteleponselulerdenganjenisGlobalSystemforMobile(GSM)untukmemuaskandanmemberikanyangterbaikbagiparapenggunajasatelekomunikasiyangmenjadipelanggannya.Banyaknyaperusahaanpenyedialayanantelekomunikasiseluleryangmengeluarkanproduk-produkdengankeunggulanmasing-masingmembuatperusahaandihadapkanpadapersaingandenganperusahaanpenyediajasatelekomunikasiyanglain.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanpetayangmenunjukkanposisirelatifketujuhprodukoperatorselulertersebutberdasarkanpersepsidanpreferensikonsumenmahasiswaUniversitasNegeriMalangdenganmenggunakanAnalisisMultidimensionalScaling(MDS).Objekpenelitianyangditelitiyaitu7produkoperatorselulerdengandatayangdipakaiadalahdataprimeryangdiperolehdaripenyebarankuesionerkepadamahasiswaUniversitasNegeriMalang.Kesimpulanyangdiperolehuntukmasing-masingprodukoperatorseluleradalahSimpatimempunyaijaringansinyalyangkuatdanpengirimanSMSyangbaikASjugamempunyaijaringansinyalyangkuatuntukAxisdanTri(3)memilikikeunggulanyangsamayaitudalammemberikanbonusteleponbonusinternet/facebook/twitterbonussmskesesamadanantaroperatorsementaraXLdanMentarirelatifbaikdalamhaltarifteleponantaroperatordanyangterakhiradalahIM3memilikikeunggulandalahhalmasaaktifhargaperdanahargavoucheryangditawarkandankemudahanmemperolehvoucher.