Pemetaan persepsi mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap produk operator seluler melalui analisis Multidimensional Scaling (MDS) / Bertha Pungkasari
Main Author: | Pungkasari, Bertha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17091/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipersepsiprodukoperatorseluleranalisisMultidimensionalScaling(MDS)Perkembanganteknologikomunikasiyangsemakinpesatmembawaperubahanyangcukupbesarterhadapperilakudanlingkungandalamsegalabidang.Perkembanganyangpesatinimenjadikankebutuhanmasyarakatakankomunikasijugamengalamipeningkatan.Kebutuhanakankomunikasiinimenjadikanalatkomunikasisepertiteleponselulertidaklagidipandangsebagaibarangyangmahalmengingatpentingnyakomunikasiyangdibutuhkan.Semuaitumendorongparaperusahaanpenyediajasalayanantelekomunikasiseluleruntukberlomba-lombamengeluarkankartuteleponselulerdenganjenisGlobalSystemforMobile(GSM)untukmemuaskandanmemberikanyangterbaikbagiparapenggunajasatelekomunikasiyangmenjadipelanggannya.Banyaknyaperusahaanpenyedialayanantelekomunikasiseluleryangmengeluarkanproduk-produkdengankeunggulanmasing-masingmembuatperusahaandihadapkanpadapersaingandenganperusahaanpenyediajasatelekomunikasiyanglain.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanpetayangmenunjukkanposisirelatifketujuhprodukoperatorselulertersebutberdasarkanpersepsidanpreferensikonsumenmahasiswaUniversitasNegeriMalangdenganmenggunakanAnalisisMultidimensionalScaling(MDS).Objekpenelitianyangditelitiyaitu7produkoperatorselulerdengandatayangdipakaiadalahdataprimeryangdiperolehdaripenyebarankuesionerkepadamahasiswaUniversitasNegeriMalang.Kesimpulanyangdiperolehuntukmasing-masingprodukoperatorseluleradalahSimpatimempunyaijaringansinyalyangkuatdanpengirimanSMSyangbaikASjugamempunyaijaringansinyalyangkuatuntukAxisdanTri(3)memilikikeunggulanyangsamayaitudalammemberikanbonusteleponbonusinternet/facebook/twitterbonussmskesesamadanantaroperatorsementaraXLdanMentarirelatifbaikdalamhaltarifteleponantaroperatordanyangterakhiradalahIM3memilikikeunggulandalahhalmasaaktifhargaperdanahargavoucheryangditawarkandankemudahanmemperolehvoucher.