Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga kelas X SMA Negeri 7 Malang / Anastasia Putri Andini

Main Author: Andini, Anastasia Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17083/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether)InkuiriTerbimbingHasilBelajarBerdasarkanwawancaradengangurukelasXdiSMANegeri7MalangmaterikelasXsemestergenapyangsulituntukditangkapolehsiswakelasXadalahmateridimensitigakarenasiswakelasXtergolongsiswaperalihandaridayapikirkonkritmenujudayapikirsecaraabstrak.JikapadaSMPmerekamenggunakanbendabangunruangsecarakonkritmakadiSMAmerekasudahharusmembayangkansecaraabstrak.Olehkarenaitunilaipadamateridimensitigalebihsulitmencapaistandarketuntasanminimal(SKM).Halinidisebabkankarenasiswakurangmenguasaikonsepkarenaharusmenggunakandayaimajinasi.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanhasilbelajarsiswakelasX-9SMANegeri7MalangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)-inkuiriterbimbing.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanApril-Mei2011.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadasiklusIterdapat13siswa(3939%)yangmemenuhiSKMdari33siswasedangkanpadasiklusIIterdapat26siswa(7222%)yangmemenuhiSKMdari36siswa.Dengandemikianhasilbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar3283%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)-inkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-9SMANegeri7Malangpadamateridimensitiga.