Penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batu / Anik Zumratul Fahilah
Main Author: | Falihah, Anik Zumratul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17079/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelpembelajarankonstruktivistikmindmappingkemampuankomunikasimatematika.Paradigmabarupendidikansekaranginilebihmenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.Tugasdanperangurusebagaipendidiktidaklagisebagaipemberiinformasimelainkansebagaipendorongbelajaragarsiswadapatmengkonstruksisendiripengetahuannyamelaluiberbagaiaktivitas.Untukmeningkatkankemampuankomunikasisiswadapatdilakukandenganmelakukaninovasidalampembelajaran.Dalamhaliniperludirancangsuatupembelajaranyangmembiasakansiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyasehinggasiswalebihmemahamikonsepyangdiajarkansertamampumengkomunikasikanpemikirannya.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankonstruktivistikdenganmindmappingyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelasVIIISMPN1Batu.Dalampembelajarankonstruktivistikdenganmindmappinginipadakegiatanintiditerapkantigatahapanpembelajarankonstruktivistikdanpadakegiatanakhirsiswadiberikankesempatanuntukmembuatcatatandenganmetodepencatatanmindmapping.Sedangkanuntukkemampuankomunikasimatematikasiswayangditelitipadapenelitianiniadalahkemampuankomunikasimatematikasiswasecaratertulisdanlisan.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematikasiswapadapretestmasihada313%siswayangmencapaikriteriasangatkurangbaikdan375%siswamasihmencapaikriteriakurangbaik.PadaposttestsiklusImasihada938%siswayangmencapaikriteriakurangbaik.PadaposttestsiklusII100%siswatelahmemenuhitarafkeberhasilanyaituminimalkriteriayangdicapaisiswaadalahcukupbaik.SedangkanuntukkemampuankomunikasilisanpadasiklusIS1mencapaikriteriasangatbaikS2mencapaikriteriacukupbaikdanS3masihmencapaikriteriakurangbaik.SedangkanpadasiklusIIS1mencapaikriteriasangatbaikS2danS3mencapaikriteriabaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankonstruktivistikdenganmindmappingdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelasVIIISMPN1Batu.