Penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batu / Anik Zumratul Fahilah

Main Author: Falihah, Anik Zumratul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17079/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelpembelajarankonstruktivistikmindmappingkemampuankomunikasimatematika.Paradigmabarupendidikansekaranginilebihmenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.Tugasdanperangurusebagaipendidiktidaklagisebagaipemberiinformasimelainkansebagaipendorongbelajaragarsiswadapatmengkonstruksisendiripengetahuannyamelaluiberbagaiaktivitas.Untukmeningkatkankemampuankomunikasisiswadapatdilakukandenganmelakukaninovasidalampembelajaran.Dalamhaliniperludirancangsuatupembelajaranyangmembiasakansiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyasehinggasiswalebihmemahamikonsepyangdiajarkansertamampumengkomunikasikanpemikirannya.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankonstruktivistikdenganmindmappingyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelasVIIISMPN1Batu.Dalampembelajarankonstruktivistikdenganmindmappinginipadakegiatanintiditerapkantigatahapanpembelajarankonstruktivistikdanpadakegiatanakhirsiswadiberikankesempatanuntukmembuatcatatandenganmetodepencatatanmindmapping.Sedangkanuntukkemampuankomunikasimatematikasiswayangditelitipadapenelitianiniadalahkemampuankomunikasimatematikasiswasecaratertulisdanlisan.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematikasiswapadapretestmasihada313%siswayangmencapaikriteriasangatkurangbaikdan375%siswamasihmencapaikriteriakurangbaik.PadaposttestsiklusImasihada938%siswayangmencapaikriteriakurangbaik.PadaposttestsiklusII100%siswatelahmemenuhitarafkeberhasilanyaituminimalkriteriayangdicapaisiswaadalahcukupbaik.SedangkanuntukkemampuankomunikasilisanpadasiklusIS1mencapaikriteriasangatbaikS2mencapaikriteriacukupbaikdanS3masihmencapaikriteriakurangbaik.SedangkanpadasiklusIIS1mencapaikriteriasangatbaikS2danS3mencapaikriteriabaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankonstruktivistikdenganmindmappingdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelasVIIISMPN1Batu.