Penerapan model pembelajaran problem posing dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandaan / Neni Apriliana

Main Author: Apriliana, Neni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17066/
Daftar Isi:
  • KatakunciproblemposingNHTkreativitasBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2Pandaandiketahuibahwasiswakurangmandiridalambelajar.Haliniterlihatjikagurubelumdatangsiswatidakberinisiatifuntukbelajarsendiribersamatemannyatetapimerekajustruramaidanbercandadenganteman-temannyabahkanadayangmasihberadadiluarkelasuntukbermainsepakbola.Sebagaitambahandiperolehbahwatingkatkreativitassiswadalammenyelesaikanpertanyaancenderungberadapadakelompokkurangkreatif.Halinidapatdilihatpadahasilpretesthanya1136%dari44siswayangberadapadakategorikreativitascukupkreatifsementarasisanyayaitu8863%beradapadakategorikreativitaskurangkreatifdantidakkreatif.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaranyangdapatmemperbaikipersepsisiswatentangmatematikasehinggasiswadapatmenyelesaikanpermasalahandengancarayangkreatifdanhasilbelajarsiswayangdiperolehmenjadilebihbaik.SalahsatupembelajaranyangdapatmeningkatkankreativitassiswadalammenyelesaikanpermasalahanmatematikayangtidakrutinadalahpembelajaranNHTdenganpendekatanproblemposingyaitupembelajaranproblemposingdenganNHT.Padapembelajaraninilangkahpembelajaransebagaiberikut(1)siswadibagikedalamkelompokkecilsecaraheterogenberdasarkankemampuandanpemberiannomorpadamasing-masinganggotanya(2)gurumembagikanlembarkerjasiswauntukdidiskusikandalamberkelompok(3)gurumemanggilnomorsiswauntukmenunjukkanhasilkerjanyadikelas(4)gurumemberikesempatankepadasiswauntukmenyusunpertanyaansekaligusmenyelesaikannya.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmemuatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilakukanpadabulanMei2011.SubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaandenganbanyaksiswa44.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingdenganNHTdapatmeningkatkankreativitassiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaan.PersentasekreativitassiswasecaraklasikalpadakategorikreativitasminimalcukupkreatifpadasiklusIadalah3637%danmeningkatpadasiklusIImenjadi75%.Karenalebihdari70%siswaberadapadakategorikreativitasminimalcukupkreatifsehinggasiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaandapatdikatakankreatif.