Penerapan model pembelajaran problem posing dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandaan / Neni Apriliana
Main Author: | Apriliana, Neni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17066/ |
Daftar Isi:
- KatakunciproblemposingNHTkreativitasBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2Pandaandiketahuibahwasiswakurangmandiridalambelajar.Haliniterlihatjikagurubelumdatangsiswatidakberinisiatifuntukbelajarsendiribersamatemannyatetapimerekajustruramaidanbercandadenganteman-temannyabahkanadayangmasihberadadiluarkelasuntukbermainsepakbola.Sebagaitambahandiperolehbahwatingkatkreativitassiswadalammenyelesaikanpertanyaancenderungberadapadakelompokkurangkreatif.Halinidapatdilihatpadahasilpretesthanya1136%dari44siswayangberadapadakategorikreativitascukupkreatifsementarasisanyayaitu8863%beradapadakategorikreativitaskurangkreatifdantidakkreatif.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaranyangdapatmemperbaikipersepsisiswatentangmatematikasehinggasiswadapatmenyelesaikanpermasalahandengancarayangkreatifdanhasilbelajarsiswayangdiperolehmenjadilebihbaik.SalahsatupembelajaranyangdapatmeningkatkankreativitassiswadalammenyelesaikanpermasalahanmatematikayangtidakrutinadalahpembelajaranNHTdenganpendekatanproblemposingyaitupembelajaranproblemposingdenganNHT.Padapembelajaraninilangkahpembelajaransebagaiberikut(1)siswadibagikedalamkelompokkecilsecaraheterogenberdasarkankemampuandanpemberiannomorpadamasing-masinganggotanya(2)gurumembagikanlembarkerjasiswauntukdidiskusikandalamberkelompok(3)gurumemanggilnomorsiswauntukmenunjukkanhasilkerjanyadikelas(4)gurumemberikesempatankepadasiswauntukmenyusunpertanyaansekaligusmenyelesaikannya.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmemuatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilakukanpadabulanMei2011.SubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaandenganbanyaksiswa44.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingdenganNHTdapatmeningkatkankreativitassiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaan.PersentasekreativitassiswasecaraklasikalpadakategorikreativitasminimalcukupkreatifpadasiklusIadalah3637%danmeningkatpadasiklusIImenjadi75%.Karenalebihdari70%siswaberadapadakategorikreativitasminimalcukupkreatifsehinggasiswakelasVIIASMPNegeri2Pandaandapatdikatakankreatif.