Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media permainan ular tangga materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumpang / Nurita Yulifatul Janah

Main Author: Janah, Nurita Yulifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17065/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranKooperatifTGT(TeamsGamesTournament)PermainanUlarTanggaHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancarayangtelahdilakukanolehpenelitidikelasVIIISMPNegeri2Tumpangdiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranmetodeyangseringdipakaiolehguruadalahmetodeceramahsiswacenderungmenjadisiswayangpasifkarenakurangnyainteraksiantaragurudansiswaselamapembelajaran.Meskipuntelahmenerapkanmodelpembelajarankooperatifnamundalampelaksanaannyakurangefektifkarenadalamprosesdiskusihanyabeberapaanggotakelompokyangmelakukandiskusi.Berdasarkanhasilulanganakhirsemesterganjildiketahuinilairata-ratakelasuntukmatapelajaranmatematikaadalah55dandari37siswahanya4siswayangmendapatnilaidiatasSKM(StandarKetuntasanMinimum).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediaulartanggapadamateribangunruangsisidatardanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediaulartanggapadamateribangunruangsisidatardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2Tumpang.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPNegeri2TumpangdengansubjeksiswakelasVIIIByangterdiridari37siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitasgurudansiswahasilwawancaradancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahjikapersentasebanyaknyasiswaberkategorituntasbelajarminimal85%daribanyaknyasiswadalamsatukelasdengankriteriatuntasbelajarapabilanilaihasilevaluasisiswapadasiklusIIIminimal65danpersentaseaktivitassiswadalampembelajaranminimal75%yangdiukurdenganmelihatlembarobservasisiswaHasilpenelitianmenunjukkanbahwabanyaksiswayangmemperolehnilaisesuaidenganSKMsebanyak27siswadanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalpadasiklusIadalah73%sertapersentaserata-rataaktivitassiswasiklusIadalah69%.PadasiklusIIbanyaknyasiswayangmemenuhikriteriaSKMsebanyak33siswadanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikaladalah89%sertapersentaserata-rataaktivitassiswasiklusIIadalah76%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)menggunakanmediapermainanulartanggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2Tumpang.