Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media permainan ular tangga materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tumpang / Nurita Yulifatul Janah
Main Author: | Janah, Nurita Yulifatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17065/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifTGT(TeamsGamesTournament)PermainanUlarTanggaHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancarayangtelahdilakukanolehpenelitidikelasVIIISMPNegeri2Tumpangdiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranmetodeyangseringdipakaiolehguruadalahmetodeceramahsiswacenderungmenjadisiswayangpasifkarenakurangnyainteraksiantaragurudansiswaselamapembelajaran.Meskipuntelahmenerapkanmodelpembelajarankooperatifnamundalampelaksanaannyakurangefektifkarenadalamprosesdiskusihanyabeberapaanggotakelompokyangmelakukandiskusi.Berdasarkanhasilulanganakhirsemesterganjildiketahuinilairata-ratakelasuntukmatapelajaranmatematikaadalah55dandari37siswahanya4siswayangmendapatnilaidiatasSKM(StandarKetuntasanMinimum).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediaulartanggapadamateribangunruangsisidatardanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediaulartanggapadamateribangunruangsisidatardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2Tumpang.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPNegeri2TumpangdengansubjeksiswakelasVIIIByangterdiridari37siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitasgurudansiswahasilwawancaradancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahjikapersentasebanyaknyasiswaberkategorituntasbelajarminimal85%daribanyaknyasiswadalamsatukelasdengankriteriatuntasbelajarapabilanilaihasilevaluasisiswapadasiklusIIIminimal65danpersentaseaktivitassiswadalampembelajaranminimal75%yangdiukurdenganmelihatlembarobservasisiswaHasilpenelitianmenunjukkanbahwabanyaksiswayangmemperolehnilaisesuaidenganSKMsebanyak27siswadanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalpadasiklusIadalah73%sertapersentaserata-rataaktivitassiswasiklusIadalah69%.PadasiklusIIbanyaknyasiswayangmemenuhikriteriaSKMsebanyak33siswadanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikaladalah89%sertapersentaserata-rataaktivitassiswasiklusIIadalah76%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)menggunakanmediapermainanulartanggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2Tumpang.