Penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada materi barisan dan deret kelas XI multimedia SMK Negeri 12 Malang / Helda Chean Sari Sispamutri
Main Author: | Sispamutri, Helda Chean Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17056/ |
Daftar Isi:
- KatakuncitipePostSolutionPosingKemampuanBertanyaPadasaatpenelitimengadakanobservasipembelajaranmatematikadikelasXIMultimediaSMKN12Malangsiswamasihkurangterampiluntukbertanyahaliniterlihatpadalatihansoalyangdiberikanguruhanyabersifatproseduralmisalnyasiswadisuruhmenentukansukutertentudarisuatubarisan.Darilatihanyangdiberikanguruterlihatbahwalatihanyangdiberikanguruselamaprosespembelajaranmasihbelummemberikankesempatansiswauntukmemberikanpertanyaan.Karenagurutidakmemberikankesempatansiswauntukbertanyagunasebagailatihanuntukmeningkatkanpemahamansiswamakamenyebabkankemampuanbertanyasiswatidaktersalurkan.DalampenelitianiniyangdimaksuddengankemampuanbertanyaadalahkemampuandalammembuatpertanyaandarisuatupenjelasanmengenaipokokbahasanBarisandanDeretyangdapatdiukurmelaluikualitas(pertanyaanpengetahuanpemahamanpenerapananalisissintesisdanevaluasi)relevansibahasadanfrekuensipertanyaan.Terkaitdenganituguruharusmampumemilihmodelyangtepatuntukdapatmemfasilitasisiswadalammengajukanpertanyaan.Salahsatumodelpembelajarantersebutyaituproblemposingtipepostsolutionposing.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranproblemposingtipepostsolutionposingyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranmatematika.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganpendahuluanpembentukankelompokheterogendanpenyampaianmateriselanjutnyagurumembericontohcaramembuatsoaldarisituasiyangadasiswadimintauntukmembuatsoalyangsejenissesuaidengansituasiyangdiberikandanmenyelesaikansoalyangdibuatnyakemudiandiakhiritespemahamansertapenutup.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingtipepostsolutionposingdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswadalammengikutipembelajaranmatematika.Padaawalpertemuanrata-ratakemampuanbertanyasiswayaitu6131%dengankategorirendahpadasiklusIkemampuanbertanyasiswasebesar6488%kategorirendahsedangkanpadasiklusIIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar8035%kategoritinggi.Kualitasrelevansibahasadanfrekuensipertanyaanyangdiajukansiswasemakinbertambahkarenasiswamerasasenangmengikutipembelajarandenganadanyapemberianrewardbagiyangbersediamengajukanpertanyaandarilatihanyangdiberikanguru.