Penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada materi barisan dan deret kelas XI multimedia SMK Negeri 12 Malang / Helda Chean Sari Sispamutri

Main Author: Sispamutri, Helda Chean Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17056/
Daftar Isi:
  • KatakuncitipePostSolutionPosingKemampuanBertanyaPadasaatpenelitimengadakanobservasipembelajaranmatematikadikelasXIMultimediaSMKN12Malangsiswamasihkurangterampiluntukbertanyahaliniterlihatpadalatihansoalyangdiberikanguruhanyabersifatproseduralmisalnyasiswadisuruhmenentukansukutertentudarisuatubarisan.Darilatihanyangdiberikanguruterlihatbahwalatihanyangdiberikanguruselamaprosespembelajaranmasihbelummemberikankesempatansiswauntukmemberikanpertanyaan.Karenagurutidakmemberikankesempatansiswauntukbertanyagunasebagailatihanuntukmeningkatkanpemahamansiswamakamenyebabkankemampuanbertanyasiswatidaktersalurkan.DalampenelitianiniyangdimaksuddengankemampuanbertanyaadalahkemampuandalammembuatpertanyaandarisuatupenjelasanmengenaipokokbahasanBarisandanDeretyangdapatdiukurmelaluikualitas(pertanyaanpengetahuanpemahamanpenerapananalisissintesisdanevaluasi)relevansibahasadanfrekuensipertanyaan.Terkaitdenganituguruharusmampumemilihmodelyangtepatuntukdapatmemfasilitasisiswadalammengajukanpertanyaan.Salahsatumodelpembelajarantersebutyaituproblemposingtipepostsolutionposing.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranproblemposingtipepostsolutionposingyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranmatematika.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganpendahuluanpembentukankelompokheterogendanpenyampaianmateriselanjutnyagurumembericontohcaramembuatsoaldarisituasiyangadasiswadimintauntukmembuatsoalyangsejenissesuaidengansituasiyangdiberikandanmenyelesaikansoalyangdibuatnyakemudiandiakhiritespemahamansertapenutup.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingtipepostsolutionposingdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswadalammengikutipembelajaranmatematika.Padaawalpertemuanrata-ratakemampuanbertanyasiswayaitu6131%dengankategorirendahpadasiklusIkemampuanbertanyasiswasebesar6488%kategorirendahsedangkanpadasiklusIIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar8035%kategoritinggi.Kualitasrelevansibahasadanfrekuensipertanyaanyangdiajukansiswasemakinbertambahkarenasiswamerasasenangmengikutipembelajarandenganadanyapemberianrewardbagiyangbersediamengajukanpertanyaandarilatihanyangdiberikanguru.