Analisis ketidakakuratan representasi objek matematika pada buku matematika bilingual SMP kelas VIII / Ayu Wulandari

Main Author: Wulandari, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17052/
Daftar Isi:
  • Katakuncianalisisketidakakuratanrepresentasiobjekmatematikabukuteksmatematikabilingual.Bukuteksmatematikamerupakansalahsatumediapenyampaianrepresentasiobjekmatematika.Olehkarenaitusehinggarepresentasinyapadabukuharusakurat.Tetapiterdapatketidakakuratanrepresentasiobjekmatematikapadabeberapbukukhususnyabukubilingual.Untukmenggunakanbukuteksmatematikasecaraefektifparapembacaharusmengetahuiketidakakuratanrepresentasimatematikapadabuku.Halinimenyebabkanpenelitimelakukananalisisketidakakuratanrepresentasiobjekmatematikapada3bukuteksmatematikabilingualSMPKelasVIIIyaituWACAdanMA.Ketidakakuratanrepresentasiobjekmatematikayangdimaksudadalahkekuranganrepresentasiobjekmatematikakesalahanrepresentasifaktakonsepketerampilandanprinsip.Denganpenelitianinigurudanpesertadidikdapatmemperolehinformasisehinggadapatmenghindariataubahkanmemberikanpembenarandarikesalahanyangadapadabukuteks.Hasilpenelitianmenunjukkankekuranganrepresentasiobjekmatematikaterdapat5padaWAdantidakterjadipadaCAdanMA.Kesalahanfaktaterdiridaria)penggunaansimbolyangtidaktepatterdapat4padaWA5padaCAdan4padaMAb)ketidakbermaknaansimbolterjadi4kalipadaWAdan1padaMAsedangkanpadaCAtidakadac)terdapat1kesalahanpenggunaanistilahmatematikapadaWAdan1padaMAnamuntidakterdapatpadaCAd)kesalahanpenggunaanistilahberbahasaInggrisada2padaWA1padaCAdan6padaMA.Sedangkankesalahanfaktaa)kesalahandefinisitidakditemukanpadaWAada1padaCAdan4padaMAb)kesalahanpadahirarkikonsepditemukansebanyak1padaWAdantidakditemukanpadaCAdanMAc)ketidaktaatankesemestaanterdapat5padaWA6padaCAdan3padaMAc)kesalahanpenggunaankonseppadasuatuoperasiditemukan1padaWAdan1padaMAsedangkanpadaCAtidakada.Kesalahanketerampilanterdiridaria)informasipadasoaltidakbenarterdapat3padaWA2padaCAdan1padaMAb)informasipadasoaldanprosespengerjaantidakkoherenditemukansebanyak4padaCAdantidakditemukanpadaWAdanMAc)terdapat7kesalahanproseduralpadaWA1padaCAdantidakditemukanpadaMAd)kesalahanrepresentasigeometriditemukansebanyak2padaWA2padaCAdan1padaMAd)kesalahanrepresentasitabelterdapat1padaWAdantidakditemukanpadaCAdanMA.Sedangkankesalahanprinsipterjadihanya1padaWAdan1padaCA.BaikpadaWACAmaupunMAklasifikasiketidakakuratanrepresentasiobjekmatematikayangpalingbanyakterjadiadalahpenggunaansimbolyangtidaktepatdanketidaktaatankesemestaan.Ketidakakurataniniterjadikarenadilakukanpembulatandanduabuahsudutatauduaruasgarisdihubungkanolehrelasi.Selainitujugadisebabkansuatusudutatauruasgarisdanbilanganyangmenyatakanukurannyadihubungkanolehrelasi.