Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A SMPN Satu Atap Merjosari Malang / Ermawati

Main Author: Ermawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17051/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajarankooperatiftipeTPSkemampuanberpikirsiswa.KemampuanberpikirsiswakelasVIII-ASMPNSatuAtapMerjosariMalangmasihtergolongrendah.Halituterbuktidariobservasiyangpenelitilakukanhanya20%siswayangmencapaiketuntasanbelajar.Inimungkindisebabkanolehpembelajaranyangdilakukanolehgurumasihmenggunakanmetodeceramah.Halitumenyebabkansiswabelumterbiasamengkonstruksisendiripengetahuannyasertamenyampaikanidenyabaikdengangurumaupunsiswalain.Terkaitdenganituperludirancangsuatupembelajaranyangmembiasakansiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyasehinggasiswalebihmemahamikonsepyangdiajarkansertamampumenyampaikanpemikirannyabaikdengangurumaupunteman.ModelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS).PenelitianinidilakukandiSMPNSatuAtapMerjosariMalangpadabulanSeptembersampaiNovember2010yangterdiridariduatahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-Atahunajaran2010/2011sebanyak30siswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.InstrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirsiswaadalahLKSdantesdiakhirsiklusyangberupasoalmatematikadengantingkatkognitiftaksonomiBloomC1-C4.PembelajarankooperatiftipeTPSyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirterdiridari3tahaputamayaitu(1)TahapThinksiswamenerimapermasalahanmenuliskanjawabandanmengumpulkanlembarjawabanindividupadaguru(2)TahapPairsiswaberdiskusidenganpasangannyamenuliskanhasildiskusisertamengumpulkanlembarjawabanpasanganpadaguru.PermasalahanyangdiberikanpadatahapthinkdanpairadalahsamadanterdapatpadatagihanLKS(3)TahapSharesiswamenyampaikanhasildiskusikeseluruhkelasdansiswalainmenanggapihasildiskusi.Gurumemberikanevaluasitentanghasildiskusikelompok.KemampuanberpikirsiswasetelahdilakukantindakansiklusImasihtergolongrendahyaitupadatahapthinksebesar63695%dantahappairsebesar7333%serta19siswa(6333%)memperolehnilaiminimal75melaluites1.SelanjutnyasetelahdilakukantindakansiklusIIkemampuanberpikirsiswapadatahapthinksebesar76785%dantahappairsebesar82735%serta25siswa(8367%)memperolehnilaiminimal75melaluites2.KemampuanberpikirsiswadisiklusIImengalamipeningkatandibandingsiklusISelainitutingkatkognitifdarisiklusIkesiklusIImelaluitesjugameningkat.PeningkatantingkatkognitifC1(pengetahuan)sebesar1703%C2(pemahaman)sebesar948%C3(aplikasi)sebesar07%danC4(analisis)sebesar145%.