Analisis lintasan (path analysis) untuk mengetahui kontribusi kompetensi guru profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (studi kasus pada MAN Kota Kediri 3) / Elok Fitriani Rafikasari

Main Author: Rafikasari, Elok Fitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17045/
Daftar Isi:
  • KataKuncianalisislintasan(pathanalysis)kompetensiguruprofesionalmotivasikerjakinerjaguruMANKotaKediri3Sumberdayamanusiayangberkualitasmerupakanmodaldasaryangsekaligusjugamenjadikuncidanparameterkeberhasilanpembangunannasionalyangmenjadiujungtombakkemajuansuatubangsa.Pendidikanyangberkualitasdapatmenghasilkansumberdayamanusiayangberkualitasdanproduktif.Halinidapatmenjadikansuatunegaramenjadinegarayangmajudanberkembangpesatdalamperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Padahakekatnyakeberhasilanpelaksanaanpendidikansangatditentukanolehkinerjaparapelakupendidikanyangdalampenelitianiniadalahguruselakuujungtombakpengelolapendidikandanpengajaran.Gurumerupakanjabatanfungsionalyangharusmemilikikompetensiprofesionalyangmeliputikompetensiprofesionalkompetensipedagogikkompetensisosialkompetensikepribadiansertamotivasikerjadalammenjalankankewenangankeprofesiannya.TujuandarianalisisiniadalahuntukmengetahuikontribusikompetensiguruprofesionaldanmotivasikerjaterhadapkinerjaguruMANKotaKediri3.Sedangkanmetodeanalisisyangdigunakanadalahdenganmenggunakananalisislintasan(pathanalysis).Dalamanalisisiniterlebihdahuludibuatmodeldiagramjalurawalsebagaihipotesisyangselanjutnyadiujikesesuaianmodelnyadenganmenggunakanstatistikujichi-squaredandiujiparameternyamenggunakanujit.DarianalisisinidiketahuibahwasecaraindividukompetensisosialdankompetensikepribadianberpengaruhtidaksignifikanterhadapkinerjaguruMANKotaKediri3.SedangkankompetensiprofesionalkompetensipedagogikkompetensisosialkompetensikepribadiandanmotivasikerjasecarasimultanberpengaruhterhadapkinerjaguruMANKotaKediri3denganpersamaanstrukturaldanberkontribusisebesar45%.