Penerapan think pair (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi segitiga dan segiempat / Mukhamad Choyrul

Main Author: Choyrul, Mukhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17000/
Daftar Isi:
  • KatakunciThinkPairShare(TPS)HasilBelajar.RendahnyahasilbelajarmatematikayangdiperolehsiswakelasVIISMPN18Malangdisebabkankarenamodelpembelajaranyangditerapkanselamainididominasiolehgurudantidakberpusatpadasiswa.Penggunaanmetodepembelajaranyangmonotonpadamatapelajaranmatematikadalamkurunwaktulamatersebutmembuatsiswamerasabosandanmenyebabkansiswamenjadimalasuntukbelajardarisumberbelajarselainguru.DaripemikirantersebutmakapenelitibermaksuduntukmemberikaninovasidalampembelajaranmatematikayaknidenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)padasiswakelasVIISMPN18MalangsertamengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadenganmengimplementasikanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)padamaterisegitigadansegiempat.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalkuislembarobservasicatatanlapanganpedomanwawancaradandokumentasi.PembelajaranThinkPairShare(TPS)merupakansalahsatumodelpembelajaranyangmerupakanperpaduanantarabelajarsecaramandiridanbelajarsecaraberkelompok.ThinkPairShare(TPS)memilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisituntukmemberisiswawaktulebihbanyakuntukberpikirsecaramandiriberinteraksidenganpasangandanmampumengkomunikasikanapayangmerekapikirkan.Pembelajarandenganmenggunakanmetodeinidapatmengembangkankecakapansosialdanmengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajar.PadasiklusIskorrata-ratakelassebesar7525denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar8206%padasiklusIIskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi8429denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar9487%.Skorrata-ratakelasmengalamipeningkatansebesar4.93sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar1281%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiTPSdapatdigunakansebagaisuatualternatifpembelajaran.ii