Analisis antrian single channel-Multi Phase pada loket penerbitan surat izin mengemudi (SIM) / Sugeng Haryono
Main Author: | Haryono, Sugeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16996/ |
Daftar Isi:
- Katakunciantriansinglechannel8722multiphaseloketpenerbitanSIMMasalahantrianmerupakansalahsatuhalyangseringkalimenjadikeluhan.BanyakpemohonSIMyangdatangdanbeberapatahapanyangharusdilaksanakanhaltersebutmengakibatkanantrianyangcukuppanjangdanlama.AntrianyangterlalupanjangdanlamadapatmengakibatkanpemohonSIMmeninggalkantempatkarenadianggaptidakefektifdanefisien.MasalahyangingindijawabdalampenelitianiniadalahmenentukanmodelantriandanperformansidarisistempelayananpenerbitanSIMdiSatuanLaluLintasKepolisianResortKotaKediri.UntukmenjawabpertanyaantersebutdigunakannotasiKendallsoftwarePOMdanrumusPollaczek-KhintchinedenganaproksimasiAllen-Cunneen.Dalampenelitianinidatayangdiambilyaitudatawaktuantarkedatangandatawaktupelayanandandatabanyakkedatangan.Metodeyangdigunakandalampengambilansampeldatawaktuantarkedatanganadalahmetodesamplingpurposive.Sedangkanpengambilansampeldatawaktupelayanandigunakanmetodesamplingaksidental.Untukpengambilansampeldatabanyakkedatangandigunakantabelfrekuensibanyakkedatangandalamperiodeberurutandarisampeldatawaktuantarkedatangan.Metodeanalisisdatameliputipengujiandistribusipenentuanmodelantrianpendugaanparameterdanpenghitunganperformansimodelantrian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaantrianpadafasepertamadanfasekeduamengikutimodelantrian(M/G/1)(GD/8734/8734).MaksuddarimodelantriantersebutadalahbanyakkedatanganmengikutidistribusiPoissonwaktuantarkedatanganberdistribusiEksponensialwaktupelayananberdistribusiumum(general)hanyaterdapat1fasilitaspelayanandisiplinpelayananFCFSukuransumberinputdankapasitasantrian(sistempelayanan)takterbatas.HasilpenghitungandenganmenggunakansoftwarePOMdiperolehperformansimodelantrianpadafasepertamasebagaiberikut.Tingkatkegunaanfasilitaspelayanan(961)yaitudengannilaiterkecil04404dannilaiterbesar0868.Banyakpemohondalamantrian(Lq)yaitudengannilaiterkecil1orangdannilaiterbesar6orang.Waktumenunggudalamantrian(Wq)yaitudengannilaiterkecilselama658981detikdannilaiterbesarselama1345449detik.Banyakpemohondalamsistem(Ls)yaitudengannilaiterkecil1orangdannilaiterbesar7orang.Waktumenunggudalamsistem(Ws)yaitudengannilaiterkecilselama2061505detikdannilaiterbesarselama1569169detik.Sedangkanperformansimodelantrianpadafasekeduasebagaiberikut.Tingkatkegunaanfasilitaspelayanan(961)yaitudengannilaiterkecil02212dannilaiterbesar03885.Banyakpemohondalamantrian(Lq)yaitu1orang.Waktumenunggudalamantrian(Wq)yaitudengannilaiterkecilselama119032detikdannilaiterbesarselama343761detik.Banyakpemohondalamsistem(Ls)yaitu1orang.Waktumenunggudalamsistem(Ws)yaitudengannilaiterkecilselama683521detikdannilaiterbesarselama128894detik.DarihasilpenghitunganperformansidirekomendasikanbahwasistempelayananpenerbitanSIMdiSatuanLaluLintasKepolisianResortKotaKedirisudahefektifdanefisien.