Analisis antrian model multi channnel-single phase pada loket pembayaran hypermart di Malang Town Square (Matos) / Siti Aisyah
Main Author: | Aisyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16992/ |
Daftar Isi:
- Katakunciantrianloketpembayaranmodelmultichannelsinglephase.Padasaatinibanyakterdapatpasarbaikpasartradisionalmaupunpasarmodern.Pasarmodernantaralainminimarketdansupermarket.SalahsatusupermarketyangberadadiMalangyaituHypermartyangtepatnyaberadadiMalangTownSquare(MATOS).Masalahyangseringterjadipadasupermarketdanbanyakdikeluhkanparapelangganadalahantrianpadaloketpembayaranataukasir.OlehkarenahaldiatasdiperolehrumusanmasalahyaitubagaimanamodelantrianMultiChannel-SinglePhaseyangpalingrepresentatifpadaloketpembayaranHypermartMalangTownSquare(MATOS)danbagaimanaperformansiantrianMultiChannel-SinglePhasepadaloketpembayaranHypermartMalangTownSquare(MATOS).Terdapatbeberapamodelantrianyaitusinglechannelsinglephasesinglechannelmultiphasemultichannelsinglephasedanmultichannelmultiphase.Menganalisismodelantrianbertujuanmenentukanukuranperformansidarimodelantrianyangdiperoleh.Ukurandariperformansiiniantaralainutilitaspelayanan(961)rataratabanyakindividudalamsistem(Ls)rataratabanyakindividudalamantrian(Lq)rataratawaktumenunggudalamsistem(Ws)danrataratawaktumenunggudalamantrian(Wq).PenelitianinidilakukanpadaloketpembayarandiHypermartMalangTownSquare(MATOS)padatanggal2Maret8Maret2010.Pengamatandilakukanpadapukul15.3017.00WIB.TeknikAnalisisdatayangdigunakanuntukmengujidistribusibanyakkedatanganmenggunakansoftwareEasyFitdenganteknikperangkingandistribusi.SedangkanuntukmengujidistribusiwaktuantarkedatangandandistribusiwaktupelayanandigunakansoftwareMinitab14denganmenggunakanIDPlotdanProbabilityPlot.DalammendugaparameterdistribusiwaktuantarkedatangandandistribusiwaktupelayanandengandigunakanProbabilityPlot.SedangkandalammenganalisismodelantrianuntukmemperolehpeformansidigunakansoftwarePOMdenganmemasukkannilailajukedatangan(955)lajupelayanan()danjumlahserveryangdigunakan.HasilanalisisdanpembahasandiperolehmodelantrianyangpalingrepresentatifpadaloketpembayaranHypermartMalangTowmSquare(MATOS)(M/M/1)(FCFS/8734/8734)yangmempunyaiartibahwamodelpelayanantunggaldandistribusibanyakkedatanganberdistribusiPoissondanwaktuantarkedatangandanwaktupelayanberdistribusiEksponensial.DisiplinpelayanannyaFCFSbermaknapelangganyanglebihduludatangmakapelanggantersebutakanlebihdulumendapatpelayanan.Sedangkanpanjangantriandansumberpopulasinyatakterbatas.Darihasilperhitunganperformansidiperolehnilaiutilitasterbesar0.95padahariMinggudanyangterkecil0.4752padahariSelasahaliniberartiterjadiantrianyangpanjangpadahariMinggudanberlakusebaliknya.Rataratabanyakpelangganantridalamsistem(Ls)danrataratabanyakpelangganantridalamantrian(Lq)yangterbanyakterjadipadahariMinggudanyangpalingsedikitpadahariSelasa.Rataratalamawaktumenunggudalamsistem(Ws)danrataratalamawaktumenunggudalamantrian(Wq)yangterlamapadahariMinggudantercepatpadahariSelasa.Probabilitastidakadaindividudalamsistem(Po)palingkecilpadahariMinggudanyangpalingbesarhariSelasa.BerdasarkanhasilanalisisdanpembahasandapatdisarankanuntukpihaksubyekpenelitiankarenaantrianyangpalingpanjangterjadipadahariMinggudiharapkanmembukaloketpembayaranlebihbanyaklagiuntukmengurangiantrianpadaharitersebut.Padapenelitianinidalammengujidistribusidigunakan4distribusidisarankanuntuklebihmempertajampenelitianinidengan10distribusidalampengujiandistribusi.Sertadisarankanpulauntukmelakukanpenelitianmenggunakanmodellainyadansupermarketlainya.