Analisis antrian model multi channnel-single phase pada loket pembayaran hypermart di Malang Town Square (Matos) / Siti Aisyah

Main Author: Aisyah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16992/
Daftar Isi:
  • Katakunciantrianloketpembayaranmodelmultichannelsinglephase.Padasaatinibanyakterdapatpasarbaikpasartradisionalmaupunpasarmodern.Pasarmodernantaralainminimarketdansupermarket.SalahsatusupermarketyangberadadiMalangyaituHypermartyangtepatnyaberadadiMalangTownSquare(MATOS).Masalahyangseringterjadipadasupermarketdanbanyakdikeluhkanparapelangganadalahantrianpadaloketpembayaranataukasir.OlehkarenahaldiatasdiperolehrumusanmasalahyaitubagaimanamodelantrianMultiChannel-SinglePhaseyangpalingrepresentatifpadaloketpembayaranHypermartMalangTownSquare(MATOS)danbagaimanaperformansiantrianMultiChannel-SinglePhasepadaloketpembayaranHypermartMalangTownSquare(MATOS).Terdapatbeberapamodelantrianyaitusinglechannelsinglephasesinglechannelmultiphasemultichannelsinglephasedanmultichannelmultiphase.Menganalisismodelantrianbertujuanmenentukanukuranperformansidarimodelantrianyangdiperoleh.Ukurandariperformansiiniantaralainutilitaspelayanan(961)rataratabanyakindividudalamsistem(Ls)rataratabanyakindividudalamantrian(Lq)rataratawaktumenunggudalamsistem(Ws)danrataratawaktumenunggudalamantrian(Wq).PenelitianinidilakukanpadaloketpembayarandiHypermartMalangTownSquare(MATOS)padatanggal2Maret8Maret2010.Pengamatandilakukanpadapukul15.3017.00WIB.TeknikAnalisisdatayangdigunakanuntukmengujidistribusibanyakkedatanganmenggunakansoftwareEasyFitdenganteknikperangkingandistribusi.SedangkanuntukmengujidistribusiwaktuantarkedatangandandistribusiwaktupelayanandigunakansoftwareMinitab14denganmenggunakanIDPlotdanProbabilityPlot.DalammendugaparameterdistribusiwaktuantarkedatangandandistribusiwaktupelayanandengandigunakanProbabilityPlot.SedangkandalammenganalisismodelantrianuntukmemperolehpeformansidigunakansoftwarePOMdenganmemasukkannilailajukedatangan(955)lajupelayanan()danjumlahserveryangdigunakan.HasilanalisisdanpembahasandiperolehmodelantrianyangpalingrepresentatifpadaloketpembayaranHypermartMalangTowmSquare(MATOS)(M/M/1)(FCFS/8734/8734)yangmempunyaiartibahwamodelpelayanantunggaldandistribusibanyakkedatanganberdistribusiPoissondanwaktuantarkedatangandanwaktupelayanberdistribusiEksponensial.DisiplinpelayanannyaFCFSbermaknapelangganyanglebihduludatangmakapelanggantersebutakanlebihdulumendapatpelayanan.Sedangkanpanjangantriandansumberpopulasinyatakterbatas.Darihasilperhitunganperformansidiperolehnilaiutilitasterbesar0.95padahariMinggudanyangterkecil0.4752padahariSelasahaliniberartiterjadiantrianyangpanjangpadahariMinggudanberlakusebaliknya.Rataratabanyakpelangganantridalamsistem(Ls)danrataratabanyakpelangganantridalamantrian(Lq)yangterbanyakterjadipadahariMinggudanyangpalingsedikitpadahariSelasa.Rataratalamawaktumenunggudalamsistem(Ws)danrataratalamawaktumenunggudalamantrian(Wq)yangterlamapadahariMinggudantercepatpadahariSelasa.Probabilitastidakadaindividudalamsistem(Po)palingkecilpadahariMinggudanyangpalingbesarhariSelasa.BerdasarkanhasilanalisisdanpembahasandapatdisarankanuntukpihaksubyekpenelitiankarenaantrianyangpalingpanjangterjadipadahariMinggudiharapkanmembukaloketpembayaranlebihbanyaklagiuntukmengurangiantrianpadaharitersebut.Padapenelitianinidalammengujidistribusidigunakan4distribusidisarankanuntuklebihmempertajampenelitianinidengan10distribusidalampengujiandistribusi.Sertadisarankanpulauntukmelakukanpenelitianmenggunakanmodellainyadansupermarketlainya.