Analisis antrian multichannel - single phase pada counter pelayanan customer service di Grapari Telkonsel Malang / Alifi Buanawati

Main Author: Buanawati, Alifi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16978/
Daftar Isi:
  • Katakunciantriancustomerservicekedatangandanpelayanan.Masalahantrianmerupakansalahsatuhalyangseringmenjadikeluhansemuaorang.SepertiyangterjadidiGraPARITelkomselMalangdimanajumlahpelangganyangdatangseringkalitidakseimbangdenganjumlahpelayananyangdisediakan.Halinimenyebabkanantrianyangpanjangdanketidaknyamananbagipelanggan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuimodelsistemantrianyangadadiGraPARITelkomselMalang.Darimodelantrianinidiperolehnilainilaiperformansiyangdapatdigunakanuntukmenganalisismasalahantriantersebut.Walaupuntidaksecaralangsungdapatmenyelesaikanmasalahtetapisetidaknyadapatmemberikangambaranpenyelesaiandanmenyumbangkaninformasipentingyangdiperlukanuntukmengambilkeputusanataukebijaksanaandalamupayapeningkatanjasapelayananyanglebihbaik.DenganmenggunakannotasiantrianmakamodelantriandiGraPARITelkomselMalangdapatditulis(M/G/6)(GD/61605/61605).HasilpenelitianpadasistemantrianMultichannelSinglePhaseyangdigunakanGraPARITelkomselMalangdengan6servermenunjukkanpadatengahminggudiperolehnilaiutilitasserversebesar0871jumlahpelangganyangmenunggudalamantrian298sekitar3orangsedangkanyangmenunggudalamsistem8205sekitar9orang.Waktutunggudalamantrian513786detikatausekitar856menitdanwaktutunggudalamsistem1414655detikatausekitar2358menit.Padaawalminggudanakhirminggudenganmenggunakan6serverdinilaikurangoptimaluntukmelayaniparapelanggankarenaterjadikedatangandengankelajuanyanglebihcepatdaripadayangdapatditampungolehpetugaspelay