Analisis antrian multichannel - single phase pada counter pelayanan customer service di Grapari Telkonsel Malang / Alifi Buanawati
Main Author: | Buanawati, Alifi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16978/ |
Daftar Isi:
- Katakunciantriancustomerservicekedatangandanpelayanan.Masalahantrianmerupakansalahsatuhalyangseringmenjadikeluhansemuaorang.SepertiyangterjadidiGraPARITelkomselMalangdimanajumlahpelangganyangdatangseringkalitidakseimbangdenganjumlahpelayananyangdisediakan.Halinimenyebabkanantrianyangpanjangdanketidaknyamananbagipelanggan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuimodelsistemantrianyangadadiGraPARITelkomselMalang.Darimodelantrianinidiperolehnilainilaiperformansiyangdapatdigunakanuntukmenganalisismasalahantriantersebut.Walaupuntidaksecaralangsungdapatmenyelesaikanmasalahtetapisetidaknyadapatmemberikangambaranpenyelesaiandanmenyumbangkaninformasipentingyangdiperlukanuntukmengambilkeputusanataukebijaksanaandalamupayapeningkatanjasapelayananyanglebihbaik.DenganmenggunakannotasiantrianmakamodelantriandiGraPARITelkomselMalangdapatditulis(M/G/6)(GD/61605/61605).HasilpenelitianpadasistemantrianMultichannelSinglePhaseyangdigunakanGraPARITelkomselMalangdengan6servermenunjukkanpadatengahminggudiperolehnilaiutilitasserversebesar0871jumlahpelangganyangmenunggudalamantrian298sekitar3orangsedangkanyangmenunggudalamsistem8205sekitar9orang.Waktutunggudalamantrian513786detikatausekitar856menitdanwaktutunggudalamsistem1414655detikatausekitar2358menit.Padaawalminggudanakhirminggudenganmenggunakan6serverdinilaikurangoptimaluntukmelayaniparapelanggankarenaterjadikedatangandengankelajuanyanglebihcepatdaripadayangdapatditampungolehpetugaspelay