Efektivitas penerapan metode belajar kooperatif model stad dalam mencapai tingkat ketuntasan belajar matematika pokok bahasan matriks siswa kelas I SMUN I Lawang oleh Murni Setiawati
Main Author: | Setiawati, Murni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16931/ |
Daftar Isi:
- MetodemengajamrerupakansalahsatuunsuryangmenentukapnrestasibelajarP.enggunaamnetodeyangsesuaaikanmembuastuasanakelaslebihmenariksehinggsaiswatermotivasuintukbelajardanpadaakhirnyadapatmempengaruhiprestasbielajarsiswa.MetodeyangdigunakandisiniadalahmetodebelajarkooperatimfodelSTAD(StudentsTeamsAshievemenDtivisions).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahukieefektifanpenerapabnelajarkooperatimfodelSTADdalammencapatiingkatketuntasabnelajarmatematikapokokbahasanmatrikssiswakelasISMUNegeriILawang.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasS.ubjekpenelitianiniadalahsiswakelas1-6SMUNegeriILawangsebanyak35orangsiswadenganlakilakiIIorangsiswadanperempua2n4orangsiswa.Proseduprengumpuladnatadalarnpenelitianiniadalah(a)datatentangkegiaranpembelajarapnadasaatditerapkannymaetodebelajarkooperatifmodelSTADyangdiambildenganmenggunakalnembarpengamatadnan(b)datahasilbelajardiarnbildenganmemberikankuisdantesindividukepadasiswa.DatayangterkumpudlarihasilpengamatanhasilkuisdanhasiltesindividudianalisisT.eknikanalisisdatayangdigunakandalarnpenelitianiniadalah(I)reduksidata(2)paparandatadan(3)penarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukanbahwapeneraparnnetodebelajarkooperatifmodeSlTADmemberikabneberapkaeistimewaabnerupamudahnysaiswamemahammiaterimelaluidiskusikelompoksiswadalamkelompokkooperatifdapatsalingberkomunikassiehinggaterciptasuasankaerjasamayangbaikantarsesamaanggotadalamkelompokkooperatifsertadapatmencapaimufakatdalammenyelesaikatnugas.Sikapsiswadalamhalmeresponpenjelasangurudanmenjawabpertanyaagnurucukupbaik.Secaraumumsiswadapatrnenjawabsoalkuisthinggasoalkuis6denganbaikkarenaharnpirseluruhsiswamempunyasiumbangasnkoi-peningkataunntukkelompok.Persentasteingkatketuntasanbelajarmatematikasiswasecaraklasikalmengalampieningkatanpadahasilkuistsarnpahiasilkuis4bertwut-turuatdalah9414%952%9691yo9705s7e%dangkahnasilkuis5danhasilkuis6berturut-turuatdalah9225%9337%D.engandernikiandapatdikatrakanbahwapenerapamnetodebelajarkooperatifmodelSTADefektifdalammencapaitingkatketuntasabnelajarmatematikasiswakelasISMUNegeriILawang