Penerapan aljabar linier pada beberapa masalah genetika oleh Novie Warih Priyanti

Main Author: Priyanti, Novie Warih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16926/
Daftar Isi:
  • Pembelajarankonvensionalyangseringdilakukanpembelajardidominasiolehceramahdancara-carayangmengedepankanpemberianpengetahuanprosedural.Denganpembelajaransepertiitutidakakancukupuntukmembuatsiswamemahamimatematikasecarabermakna.Olehkarenaituhendaknyasiswadiberdayakanaktifterlibatdalammembangunpengetahuanmatematikadenganpengalamannyadalamsuatupembelajaran.PembelajaranyangmemberikesempatansiswaaktifmembangunpengetahuanmatematikadapatterwujuddalampembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions).PembelajaranSTADadalahpembelajarankooperatifyangmembagisiswakedalamkelompokkecilmasing-masingterdiriatas4orangyangbersifatheterogendalamkemampuanakademiketnikdanjeniskelaminsertamenempuhtahap-tahaptertentu.Berdasarkanpengalamanmengajarbertahun-tahunpenelitidapatme-ngetahuibahwasiswaSMKSinghasaritidakmemahamisecarabaikmateripenerapanfungsilinier.KeprihatinaninimendorongpenulisuntukmelakukanpenelitiankualitatifyangdifokuskanpadabagaimanapenerapanpembelajaranmodelSTADuntukmeningkatkanpemahamanfungsiliniersiswakelasXSMKSinghasariKotaMalangPenelitianinidianggapberhasilapabilaskorprosespembelajarandanskorhasilbelajarsiswatelahmencapaikriteriakeberhasilanyaituskorprosespembelajaranterletakpadainterval75%100%skorhasilbelajardari85%ataulebihsiswamendapatkanskorsedikitnya65%danterjadipeningkatanpemahamansiswaselamaprosespembelajaran.Darihasilwawancaradiketahuibahwasiswamasihmembuatkesalahanmatematikasekolahdasardanterbiasabekerjatidakteliti.Diperolehskorrerataprosespembelajaran8976%danhasilbelajarsiswa8329yangkeduanyatelahmencapaibataskriteriakeberhasilan.Sedangkanakumulasipeningkatanpemahamansiswaterhadapmateriajaradalah1878%.AkhirnyapenelitianinimenyimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmodelSTADdapatmeningkatkanpemahamanfungsiliniersiswakelasXSMKSinghasariKotaMalangdengantambahanpemberianpekerjaanrumahdanpenggunaansoalsubyektifpadasetiapkuisnya.