Metode konstruksi dan aproksimasi dengan algoritma Christofides heuristic pada permasalahan traveling salesman problem / Diana Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16888/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFaradinaErta.2009.AnalisisPerbandinganOptimasiJumlahProduksiMenggunakanLogikaFuzzy.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SusyKuspambudiAndainiM.Kom.(II)LuckyTriOktovianaS.Si.M.Kom.KatakuncioptimasipermintaanpersediaanproduksilogikafuzzyTsukamotoMamdaniJumlahpermintaanterhadapsuatubarangdalamsuatuperusahaanselalumengalamiperubahanpadaperiodeselanjutnya.Penurunanjumlahpermintaanyangcukupbesarmenyebabkanterjadinyapenumpukanstokbarang.Dalammasalahoptimasiproduksilogikafuzzydiharapkandapatdipergunakanuntukmenentukanberapabanyaksuatubarangsebaiknyadiproduksiolehsuatuperusahaan.CVWijayaKusumaadalahindustriyangbergerakdalambidangindustripembuatanpavingstonedanmemproduksi5jenispavingstonesetiapharinya.PadapenelitianinidigunakanlogikafuzzymetodeTsukamotodanmetodeMamdaniuntukmenentukanjumlahproduksidari5jenisbarangyaituTigaBerlianDiamondRingSegiEmpatdanSegiEnamyangoptimal.PerancangansistemlogikafuzzymetodeTsukamotountukmenentukanjumlahbarangyangoptimaldilakukantahap-tahap(a)fuzzifikasi(b)penentuanbasisaturan(c)aplikasifungsiimplikasi(d)Penentuannilai-predikat(e)inferensiFuzzy(f)defuzzifikasi.SedangkanperancangansistemlogikafuzzymetodeMamdaniuntukmenentukanjumlahbarangyangoptimaldilakukantahap-tahap(a)fuzzifikasi(b)membentukaturan-aturan(c)aplikasifungsiimplikasi(d)penegasan(defuzzifikasi).DenganmenginputkandatapermintaanpersediaandanproduksikesimpulandarihasilpenelitianyangtelahdilakukandenganmenggunakanujistatistikuntukmembandingkanhasilpenentuanjumlahproduksimenggunakanlogikafuzzymetodeTsukamotodanmetodeMamdaniadalahmetodeMamdanilebihoptimaldibandingkandenganmetodeTsukamoto.ArtinyapenentuanjumlahproduksimenggunakanmetodeMamdanilebihmendekatijumlahpermintaansebenarnyayangadadiperusahaan.