Analisis perbandingan optimasi jumlah produksi menggunakan logika fuzzy (Studi kasus industri tegel di jalan kunta bhaswara I/11 Malang) / Erta Faradina
Main Author: | Faradina, Erta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16882/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFaradinaErta.2009.AnalisisPerbandinganOptimasiJumlahProduksiMenggunakanLogikaFuzzy.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SusyKuspambudiAndainiM.Kom.(II)LuckyTriOktovianaS.Si.M.Kom.KatakuncioptimasipermintaanpersediaanproduksilogikafuzzyTsukamotoMamdaniJumlahpermintaanterhadapsuatubarangdalamsuatuperusahaanselalumengalamiperubahanpadaperiodeselanjutnya.Penurunanjumlahpermintaanyangcukupbesarmenyebabkanterjadinyapenumpukanstokbarang.Dalammasalahoptimasiproduksilogikafuzzydiharapkandapatdipergunakanuntukmenentukanberapabanyaksuatubarangsebaiknyadiproduksiolehsuatuperusahaan.CVWijayaKusumaadalahindustriyangbergerakdalambidangindustripembuatanpavingstonedanmemproduksi5jenispavingstonesetiapharinya.PadapenelitianinidigunakanlogikafuzzymetodeTsukamotodanmetodeMamdaniuntukmenentukanjumlahproduksidari5jenisbarangyaituTigaBerlianDiamondRingSegiEmpatdamSegiEnamyangoptimal.PerancangansistemlogikafuzzymetodeTsukamotountukmenentukanjumlahbarangyangoptimaldilakukantahap-tahap(a)fuzzifikasi(b)penentuanbasisaturan(c)aplikasifungsiimplikasi(d)Penentuannilai-predikat(e)inferensiFuzzy(f)defuzzifikasi.SedangkanperancangansistemlogikafuzzymetodeMamdaniuntukmenentukanjumlahbarangyangoptimaldilakukantahap-tahap(a)fuzzifikasi(b)membentukaturan-aturan(c)aplikasifungsiimplikasi(d)penegasan(defuzzifikasi).DenganmenginputkandatapermintaanpersediaandanproduksikesimpulandarihasilpenelitianyangtelahdilakukandenganmenggunakanujistatistikuntukmembandingkanhasilpenentuanjumlahproduksimenggunakanlogikafuzzymetodeTsukamotodanmetodeMamdaniadalahmetodeMamdanilebihoptimaldibandingkandenganmetodeTsukamoto.ArtinyapenentuanjumlahproduksimenggunakanmetodeMamdanilebihmendekatijumlahpermintaansebenarnyayangadadiperusahaan.