Perancangan dan pembuatan program latihan olimpiade matematika berbasis WEB / Ifan Alfiani A.
Main Author: | Alfani A., Ifan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16848/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsmaraIfanAlfani.2008.PerancangandanPembuatanProgramLatihanOlimpiadeMatematikaBerbasisWeb.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SusyKuspambudiAM.Kom(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KatakunciolimpiadematematikalatihansoalwebsiteKemajuandibidangteknologiinformasikhususnyateknologiinternetsudahdemikianpesat.Semuainformasidarisegalapenjuruduniadapatdiaksesmelaluimediainternetmelaluisebuahwebsite.Pemanfaatanwebpadasaatinisudahdapatdirasakandalamsegalabidangsalahsatunyaadalahbidangpendidikan.Olimpiadematematikaadalahsalahsatukompetisidibidangpendidikan.Soal-soalyangdisajikandalamolimpiadematematikalebihbanyakbertipepemecahanmasalah.Diperlukancara-carayangkreatifdanluarbiasadalammenyelesaikannya.Cara-caratersebutdapatdikuasaiparasiswadenganlatihanmenyelesaikansoal-soalolimpiadesecaraintensifdanterarah.Banyakparasiswayanginginmengikutiolimpiadematematikatidakmengetahuitingkatkesulitansoal-soalolimpiadematematika.Olehkarenaitupenulistermotivasiuntukmembuatsuatuprogramlatihanolimpiadematematikaberbasisweb.Nantinyawebsitetersebutdapatdiaksesolehsiswa-siswayanginginmelakukanujikemampuandalammengerjakansoal-soalolimpiadematematika.Diharapkandenganadanyalatihanolimpiadematematikaberbasiswebinisiswa-siswayanginginmengikutiolimpiadematematikamendapatkangambarantentangsoal-soalolimpiadematematikayanguptodatesertamelakukanlatihansoalolimpiadematematika.Secaraumumuserdalamlatihanolimpiadematematikaberbasiswebinidibagimenjadiduayaituuseryangtelahmendaftarsebagaianggotadanadministrator.Agardapatmenggunakanfasilitasyangadadalamlatihanolimpiadematematikaberbasiswebiniuserharusmendaftardulusebagaianggotapadaformanggotayangdisediakandalamwebtersebut.Masingmasingusermemilikihakaksesdankelengkapanfituryangberbeda-beda.Anggotadapatmendownloadmaterimemberisarandanmelakukanlatihansoalolimpiadematematika.Soallatihanolimpiadematematikainidisajikansecaraacaksoaldiambildaribanksoalyangdiinputkanolehadmin.Nilaihasilpengerjaandapatlangsungdiketahuibesertapembahasannyauntukjawabansoalyangsalahdantidakdijawabsehinggaanggotatermotivasiuntukterusmencobalatihanlagi.Administratordapatmembacamengubahmenambahdanmenghapusdatayangadadidalamprogram(daftarnilaianggotakomentardansoal).iiABSTRACTAsmaraIfanAlfani.2008.PlanningandManufacturingProgramTheExerciseofMathematicsOlympiadwebbasis.ThesisMathematicsDepartmentMathematicsandNaturalScienceFacultyTheStateMalangUniversity.Counsellor(I)Dra.SusyKuspambudiAM.Kom(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KeywordsmathematicsOlympiadexerciseswebsite.Theprogressofinformationtechnologyespeciallyinternettechnologyhasbeengreatlyfast.Allinformationallovertheworldcouldbeaccessedbyinternetmediathoughawebsite.Theutilizationofwebnowadayscouldbeperceivedinallaspectsoneofthemiseducationaspect.MathematicsOlympiadsisoneofeducationalcompetitions.ThequestionspresentedinmathematicsOlympiadaremorehaveproblemsolvingtype.ToaccomplishthemneedscreativeandbrilliantwayswhichcouldbemasteredbystudentindoingexercisesofOlympiadquestionsintensivelyandcomphrehensively.MoststudentswhowanttotakeapartinmathematicsOlympiaddonotknowthedifficultylevelofmathematicalquestionstestedduringOlympiad.SothewriterwasinspiredtocreateaprogramaboutTheExerciseofMathematicsOlympiadwebbasis.HopefullythiswebsitecouldbeaccessedbythestudentwhowanttomeasuretheirskillindoingthequestionsofmathematicsOlympiad.ThentheycouldgetfigureaboutuptodatequestionsofmathematicsOlympiadaswellasbeingabletoaccomplishthiskindofquestions.Ingeneraluserofthewebsitecouldbedividedintotwogroupsfirstlyuserregisteredasamemberandsecondaryasadministrator.Inordertogetuseofthefacilitiesuserhadtoregisterthemselvesasmemberonmemberformprovidedinthisweb.Eachuserhasdifferentaccessiblerightandfeature.AmembercoulddownloadthismaterialgivesuggestionanddoquestionsofmathematicsOlympiad.Thequestiontakefromothersourcesbyadministratorwerepresentedrandomizedly.Scoreresultedfromdoingthequestionwasdirectlyknownfollowedbyexplanationforeachquestionwhichwaswrongorwasnotanswered.Bythisthememberwasmotivatedtoalwayskeeptrying.Theadministratorcouldreadchangeaddanddeletedatawhichexistedintheprogram(scoreandmemberlistcommentandquestions).