Penerapan model STAD untuk membantu meningkatkan pemahaman materi bilangan pecahan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Malang 1 / Uud Saudah
Main Author: | Saudah, Uud |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16841/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaudahUud.2008.PenerapanModelSTADuntukMembantuMeningkatkanPemahamanMateriBilanganPecahanpadaSiswaKelasVIIdiMTsNegeriMalang1.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.M.ShohibulKahfiM.Pd(II)Drs.AskuryM.PdKataKunciPembelajarankooperatifmodelSTADbilanganpecahanMatematikadianggapsulitsalahsatunyaadalahmetodepengajaranmatematikayangdigunakan.Metodepengajaranmatematikayanglebihmengutamakanhafalandaripadapengertianmenyebabkanpemahamankonsepsiswakurang.Penerapanmodelpembelajaranyangtepatakanmenentukanefektifitasprosesbelajarmengajar.PembelajarankooperatifmodelSTADmerupakansalahsatupembelajaranyangmemilikipotensilebihdalammeningkatkankemampuanberfikirdanprestasibelajarsiswasertamerupakanmodelyangpalingsederhanadandapatditerapkanpadahampirsemuamateripelajaranyangmenekankanpemahamankonsep.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakandenganmenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptif.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangan3)hasiltesharian4)hasilwawancaradengansubyekwawancara.PembelajankooperatifmodelSTADyangdapatmemahamkansiswatentangmateripecahanmemiliki5komponenyaitu(1)PenyajianKelasmenyampaikantujuanpembelajarandanmateriyangdipelajarisecaragarisbesar(2)BelajarKelompok(a)siswadalamkelasdibagimenjadikelompok-kelompokheterogenyangterdiridari4atau5orangdalamsetiapkelompok(b)membagikanlembarkerjayangberisikegiatanuntukmemahamimateriyangdipelajari(c)memintasiswamenyelesaikanlembarkerjasecarakooperatif.(d)membantusiswamenyelesaikanlembarkerja.(e)memintaperwakilankelompokuntukmempresentasikanjawabandidepankelas.(f)memberikankesempatanpadakelompoklainyangmempunyaijawabanberbedauntukmempresentasikanhasilkerjakelompoknya(g)mengarahkansiswauntukmembuatrangkuman.(3)Kuissecaraindividukuisdiberikanpadasetiapsiswadantidakdiperkenankansiswauntukbekerjasama.(4)SkorPeningkatanIndividudihitungdenganmembandingkanhasilsebelumnyadenganhasilkuisterakhir.(5)Penghargaankelompokdiberikansesuaidenganhasilpeningkatanindividu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamansiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatdaripeningkatanrata-rataskortessiswapadasiklusIadalah6263dansiswayangmemperolehskorlebihdari70barumencapai3704%.TapipadasiklusIIdimanasiswasudahmemilikitanggungjawabuntukmenyelesaikanpermasalahanyangdiperolehrata-rataskorsiswameningkatmenjadi7719dengansiswayangmemperolehskorlebihdari70adalah7778%.