Penerapan model STAD untuk membantu meningkatkan pemahaman materi bilangan pecahan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Malang 1 / Uud Saudah

Main Author: Saudah, Uud
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16841/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaudahUud.2008.PenerapanModelSTADuntukMembantuMeningkatkanPemahamanMateriBilanganPecahanpadaSiswaKelasVIIdiMTsNegeriMalang1.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.M.ShohibulKahfiM.Pd(II)Drs.AskuryM.PdKataKunciPembelajarankooperatifmodelSTADbilanganpecahanMatematikadianggapsulitsalahsatunyaadalahmetodepengajaranmatematikayangdigunakan.Metodepengajaranmatematikayanglebihmengutamakanhafalandaripadapengertianmenyebabkanpemahamankonsepsiswakurang.Penerapanmodelpembelajaranyangtepatakanmenentukanefektifitasprosesbelajarmengajar.PembelajarankooperatifmodelSTADmerupakansalahsatupembelajaranyangmemilikipotensilebihdalammeningkatkankemampuanberfikirdanprestasibelajarsiswasertamerupakanmodelyangpalingsederhanadandapatditerapkanpadahampirsemuamateripelajaranyangmenekankanpemahamankonsep.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakandenganmenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptif.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangan3)hasiltesharian4)hasilwawancaradengansubyekwawancara.PembelajankooperatifmodelSTADyangdapatmemahamkansiswatentangmateripecahanmemiliki5komponenyaitu(1)PenyajianKelasmenyampaikantujuanpembelajarandanmateriyangdipelajarisecaragarisbesar(2)BelajarKelompok(a)siswadalamkelasdibagimenjadikelompok-kelompokheterogenyangterdiridari4atau5orangdalamsetiapkelompok(b)membagikanlembarkerjayangberisikegiatanuntukmemahamimateriyangdipelajari(c)memintasiswamenyelesaikanlembarkerjasecarakooperatif.(d)membantusiswamenyelesaikanlembarkerja.(e)memintaperwakilankelompokuntukmempresentasikanjawabandidepankelas.(f)memberikankesempatanpadakelompoklainyangmempunyaijawabanberbedauntukmempresentasikanhasilkerjakelompoknya(g)mengarahkansiswauntukmembuatrangkuman.(3)Kuissecaraindividukuisdiberikanpadasetiapsiswadantidakdiperkenankansiswauntukbekerjasama.(4)SkorPeningkatanIndividudihitungdenganmembandingkanhasilsebelumnyadenganhasilkuisterakhir.(5)Penghargaankelompokdiberikansesuaidenganhasilpeningkatanindividu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamansiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatdaripeningkatanrata-rataskortessiswapadasiklusIadalah6263dansiswayangmemperolehskorlebihdari70barumencapai3704%.TapipadasiklusIIdimanasiswasudahmemilikitanggungjawabuntukmenyelesaikanpermasalahanyangdiperolehrata-rataskorsiswameningkatmenjadi7719dengansiswayangmemperolehskorlebihdari70adalah7778%.