Hubungan antara phobia matematika (mathophobia) dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007/2008 / Siti Zubaedah

Main Author: Siti Zubaedah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16799/
Daftar Isi:
  • Perananmatematikadalamkehidupanmanusiasangatpenting.Namunironisnyasebagianmasyarakatterutamasiswamenjadikanmatematikasebagaisuatuhalyangditakutidandihindari.RasatakutdancemasterhadapobjekyangberkaitandenganmatematikaitudisebutPhobiaMatematika(Mathophobia).Kecemasandanketakutantersebutakanmembuatsiswamempunyaisikapnegatiftentangmatematika.Halinidapatberdampakburukbagiprestasiyangakandiperolehsiswakarenadaribeberapafaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsikap(persepsi)merupakansalahsatufaktoryangberperandalammenentukanprestasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalah1)untukmengetahuitingkatphobiamatematikayangdialamiolehsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20082)untukmengetahuitingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20083)untukmengetahuihubunganantaraphobiamatematikadanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008.Rancanganpenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganjenispenelitiankorelasi.Sampeldalampenelitianiniberjumlah81siswaSMPNegeriIGondangwetanyangdiambildenganmenggunakanteknikSimpleRandomSampling.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanskalaphobiamatematikauntukmengidentifikasiphobiamatematikadantesprestasibelajaruntukmengetahuiprestasibelajarmatematikasiswa.AnalisisdatamenggunakandistribusifrekuensidanteknikkorelasiPearsonyangpelaksanaannyadibantuprogramSPSS13.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkan1)tingkatphobiamatematikayangdialamisiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008termasukkategorisedangdantingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetanberadapadakategorikurangsertaadanyahubungannegatifantaraphobiamatematikadenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetan(r-0389).Darihasilpenelitianinidisimpulkanbahwasemakintinggitingkatphobiamatematikayangdialamisiswamakaakansemakinrendahprestasibelajarmatematikasiswa.