Hubungan pola asuh orang tua dengan tipe kepribadian siswa kelas VII (studi di SMPN 20 Kota Malang tahun ajaran 2008/2009) / Sulistiono
Main Author: | Sulistiono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1679/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistiono2009.HubunganPolaAsuhOrangTuadenganTipeKepribadianSiswakelastujuhdiSMPN20Malang.SkripsiJurusanbimbingankonselingdanPsikologifakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.WidadaMSi(2)DrsHariadiKusuma.KataKunciPolahAsuhTipeKepribadianMaknaKeluarga.Polaasuhorangtuamerupakaninteraksiantaraorangtuadengananakselamamengadakanpengasuhan.Caracaraataumodeldalammengasuhanakdilingkungankeluargayangsifatnyakonsistendariwaktukewaktuyangmeliputipolaasuhdemokratisotoriterdanpermisif.Orangtuabukanhanyamerupakancirifisiksecaragenetiksajapadaanaktetapijugakepribadiannya.Polahasuhyangdikembangkanolehtiapkeluargaberbedaantarasatukeluargadengankeluargayanglainnyahalinitergantungdaripandangandalamdiritiaporangtua.Tipekepribadianyangdimaksudadalahpenggambarantingkahlakuseseorangsecaradeskriptiftanpamemberinilai(baikburukbenaratausalah).Tipekepribadiandikelompokkanmenjadiempatmacamyaitu(1)kepribadiansanguinis(kepribadianpopuler)yangbercirikansenangmenjadipusatperhatian(2)kepribadianmelankolis(kepribadiansempurna)denganciri-ciriperfeksionis(3)kepribadiankoleris(kepribadiankaku)ciri-cirinyaotoritersenangmemerintah(4)kepribadianplegmatis(kepribadiandamai)denganciri-ciriengganmenyampaikanpendapatatauinisyatifnya.TeorikepribadianiniberasaldariHepocratesyangselanjutnyadikembangkanolehFlorenceLittauer.TujuandaripenelitianiniyangpertamauntukmengetahuigambaranpolaasuhorangtuasiswadiSMPN20MalangyangkeduauntukmengetahuigambarantipekepribadiansiswadiSMPN20MalangdanyangketigauntukmengetahuihubunganantarapolaasuhorangtuadengantipekepribadiansiswadiSMPN20Malang.Jenispenelitianinideskriptipkorelasional.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelastujuhSMPN20Malang.Sebanyak364orangyangtediriatasdelapankelas.Penarikansampleteknikproportionalrandomsamplingdiperoleh145respondenyaitu39966.%daripopulasi.Intrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangket.TeknikanalisisdatamenggunakanrumuskuadratChidankoefesienkontingensi.DarihasilanalisisdiketahuibahwapolaasuhorangtuasiswakelastujuhdiSMPN20Malangkecenderungannyaadalahdemokratis(89.7%)keduaadalahpermisif(6.9%)danyangterakhiradalahotoriter(.3.4%).Kemudiantipekepribadiansiswayangpertamaadalahplegmatis(42.1%)keduaadalahsanguinis(29.7%)ketigaadalahmelankolis(19.3%)danyangterakhirkoleris(9.0%).DenganmenggunakanrumuskuadratChidiketahuinilaikuadratChihitung(X)beradadibawahhargakritik.SyaratH305diterimaapabilanilaiXhitungmelebihinilaihargakritik.KarenanilaiXhitungsebesar11605beradadibawahhargakritiksebesar12600makadapatditarikkesimpulanbahwaHo.berbunyitidakterdapathubunganyangsignifikanantarapolaasuhorangtuadengantipekepribadiansiswaditerima.Berkaitandenganpenelitianinisaranyangdapatpenulisberikanterhadapkonselorsekolahhendaknyadalammemberikanlayananpadasiswadisesuaikandengankarakteristikkepribadiansiswa.Perbedaantipekepribadianantarasiswayangsatudengansiswalainnyatentunyaakanmembuatperbedaandalammemberikanlayananpadasiswasehinggalayananyangdiberikannantinyadapatberjalanefekti.Terhadaporangtuasiswapolaasuhyangdemokratisakancenderunglebihfleksibelaktifdalamhidupemosilebihstabildanmemilikirasatanggungjawab.Dalammendidikanaknyadapatmembantumeningkatkanrasapercayadirisiswasertamembantumengembangkantingkahlakuyangmencerminkankemandiriandalamdirisiswa