Penerapan metode permainan simulasi untuk meningkatkan motivasi siswa kelas 1 Multimedia 3 dalam mengikuti bimbingan kelompok tentang hubungan sosial remaja di SMK Negeri 5 Malang / Prabandari Nuansmahira

Main Author: Nuansmahira, Prabandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/1678/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNuansmahiraPrabandari.2009.PenerapanMetodePermainanSimulasiuntukMeningkatkanMotivasiSiswaKelas1Multimedia3dalamMengikutiBimbinganKelompoktentangHubunganSosialRemajadiSMKN5Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.M.RamliM.A.(II)Drs.HariadiKusumo.KatakuncibimbingankelompokmotivasipermainansimulasisiswaSMKSiswakelas1Multimedia3memilikimotivasirendahdalammengikutibimbingandankonselingdikelaskhususnyalayananbimbingankelompok.Haliniditunjukkandenganreaksiyangmerekaberikansaatmengikutilayananbimbingankelompok.Reaksitersebutadalahsiswaramaiberjalankesana-kemarisalingmelemparkertasmengerjakanPRpelajaranlainkurangaktifdalamkegiatanbimbingankelompok.Hanyaadabeberapasiswayangmaumemperhatikandanterlibataktifdalamlayananbimbingankelompokyangdiadakan.Siswayangmaumemperhatikandanaktifdalamdiskusiadalahsiswayangdudukdibangkudepan.Haliniterjadikarenametodeyangdigunakankonselordalammemberikanlayananbimbingankelompokkurangmenarik.Konselormenerapkanmetodediskusidalampemberianlayananbimbingankelompokdikelas.Berdasarkanmasalahtersebutmakapemecahanmasalahdilakukandenganmenggunakanmetodepermainansimulasi.Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanmotivasisiswakelas1Multimedia3SMKN5Malangdalammengikutibimbingankelompokdenganmenerapkanmetodepermainansimulasi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakanyangterdiriatasduasiklus.Padamasing-masingsiklusdilakukantahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahperangkatpermainansimulasipedomanobservasipedomanwawancaracatatanlapangandandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisinteraktifyangterdiriatasreduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.Subjekpenelitianadalahsiswakelas1Multimedia3SMKN5Malangyangberjumlah34orangsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmetodepermainansimulasidapatmeningkatkanmotivasisiswadalambimbingankelompok.Skorrata-rataangketpadapascatindakanlebihtinggidibandingpadapratindakan(peritem).Skorrata-ratatertinggipadapascatindakanadalah3.21sedangkanskorrata-ratatertinggipadapratindakanadalah3.15.Padapratindakansiswayangmotivasinyamasukdalamkategoribaiksebanyak33orangdan1orangmasukdalamkategorisangatbaik.Padapascatindakansiswayangmotivasinyamasukdalamkategoribaiksebanyak23orangdan13orangmasukdalamkategorisangatbaik.PadasiklusIIsiswalebihaktifdibandingpadasiklusI.PadasiklusIIsemuasiswaaktifdalampermainansimulasidandiskusi.Siswamaumengungkapkanpikirandanpengalamanpadasaatdiskusi.Skorrata-rataaktivitassiswaselamapelaksanaanbimbingankelompokpadasiklusIadalah24.5skorinimasukdalamkategorisedang.Adapunskorrata-rataaktivitassiswaselamapelaksanaanbimbingankelompokpadasiklusIIadalah33.5skortersebutmasukdalamkategoribaik.Permainansimulasiakanefektifdigunakandalampenyampaianlayananbimbingankelompokjikasemuasiswadapatterlibatdalamkegiatan.Halinidapatdilakukandenganmemperbanyakjumlahbeberanyangdigunakandalampelaksanaanpermainansimulasi.Denganmengacupadahasilpenelitiandiatasmakadisarankan(1)sekolahmembantudalampengadaanmediapermainansimulasipermainansimulasiakanefektifjikamediayangdigunakanminimalduaunitdalamsekalipenyampainlayanan(2)konselordapatmenerapkanmetodepermainansimulasidalammemberikanlayananbimbingankelompokdikelasdenganmempertimbangkanhal-halsepertikemenarikanmateriyangakandisampaikandalampermainansimulasiwaktudanbiayayangtersediauntukpengadaanmediapermainansimulasidansebaiknyatidakhanyasatubeberanyangdigunakansaatmenerapkanpermainansimulasidikelas.Saatkonselormenggunakanduabeberandibutuhkankoordinasidengankonselorlaindalampenyampainanbimbingankelompokdenganpermainansimulasi.