Hubungan antara konsep diri dengan tugas perkembangan siswa di SMP Negeri 1 Wajak / Nandasari Aulia
Main Author: | Aulia, Nandasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1677/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAuliaNandasari.2009.HubunganAntaraKonsepDiridenganTugasPerkembanganSiswadiSMPNegeri1Wajak.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoBudiSantoso(II)Drs.HariadiKusuma.KataKunciKonsepdiriTugasPerkembangan.Remajadapatdipandangsebagaisuatumasadimanaindividutelahmencapaikematangandalamprosesperkembangannyaterutamakematanganfisik.Bilaiamenerimakeadaantubuhnyamakahaliniakanberakibatpositifterhadapkonsepdirinya.Bilaterdapatpenyimpangan-penyimpangantimbullahmasalahyangberhubungandengankonsepdiridansikapsosialnya.Jikaremajadapatmemahamidanmenerimasejumlahfaktayangadapadadirinyamakaiaakanmengembangkankonsepdiripositif(WicklundandFrey1980).Calhoun(1995)menunjukkanbahwaorang-orangyangmenghukumdirisecarapsikiskarenaberpenampilankurangsempurnamenyebabkantimbulnyakonsepdirirendah.LebihlanjutMonksdkk.(1992)mengatakanbahwakonsepdiri(selfconcept)akanturunbilaseseorangtidakdapatmelaksanakantugas-tugasperkembangandenganbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuigambarankonsepdirisiswaSMPNegeri1WajakpelaksanaantugasperkembangansiswaSMPNegeri1WajakhubunganantarakonsepdiridenganpelaksanaantugasperkembangansiswadiSMPNegeri1Wajak.Rancanganyangdigunakandalampenelitianadalahrancangandeskriptifkorelasional.PopulasipenelitianadalahsiswasiswakelasVIIIdiSMPN1Wajaktahunajaran2009/2010.Teknikpengambilansampeladalahteknikproportionalrandomsamplingdenganundiansehinggatotalsampelsebesar98siswadaripopulasisebesar200siswa.Pengambilandatadengancaraangket.Analisisdatadenganmenggunakanpersentasedanproductmoment.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabanyak(6531%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmempunyaikonsepdiritinggicukupbanyak(3469%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmempunyaikonsepdiriyangcukupdansangatsedikit(0%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmempunyaikonsepdiriyangrendah.Untukhasilpenelitiandalamtugasperkembanganmenunjukkanbahwabanyak(6327%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmelaksanakantugasperkembangansangatbaikcukupbanyak(3673%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmelaksanakantugasperkembangancukupbaikdansangatsedikit(0%)siswakelasVIIISMPNegeri1Wajakyangmelaksanakantugasperkembangankurangbaik.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwanilaikorelasiantarakonsepdirisiswadengantugasperkembangansebesar0592danmenunjukkansignifikasipadalevel005.Halinimenunjukkanbahwaadahubunganyangsignifikanantarakonsepdiridengantugasperkembangan.Semakintinggikonsepdiriseseorangmakasemakinbaikpulatugas-tugasperkembangannya.BerdasarkanpenemuandiatassaranditujukankepadaKepalaSekolahsebagaipenentukebijakandisekolahdiharapkandapatlebihmeningkatkankebijakanterhadappelaksanaandanpenyediaansaranalayananBimbingandaniKonselingdiSekolahmemperhitungkanwaktuyangtepatuntukmemulaipendidikansesuaidenganperkembangansiswa.Dengandemikiansiswaakanlebihberpeluanguntukmelaksanakantugasperkembangandenganbaikdanpengembangankonsepdirikearahyangdiinginkan.Konselordiharapkanmemotivasiklienuntukmengembangkanmemeliharaataupunmerubahkonsepdiriyanglebihtinggi.Sedangkanuntukpenelitiselanjutnyayangakanmelakukanpenelitianserupadiharapkandapatmengembangkaninstrumenyangsesuaidenganperkembangansiswakemudianlokasipenelitiannyatidakhanyadalamsatusekolahsajatetapibisalebihluaslagiyaitudalamsuatulingkuptertentumisalnyase-Kecamatanmaupunse-Kabupaten/Kotadanlain-lain.