Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen / Emilda Tresilia Manggarani
Main Author: | Emilda Tresilia Manggarani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16766/ |
Daftar Isi:
- Hasilbelajarmatematikasangatdipengaruhiolehfaktor-faktoryangberasaldaridalamdanluardirisiswa.Salahsatufaktoryangmempengaruhihasilbelajarsiswaadalahmetodepembelajaranyangdigunakan.MetodepembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswasalahsatunyaadalahpolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP).PenerapanpolaPBMPdalamprosespembelajarandapatdigabungdenganbeberapamodelpembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajarantersebutadalahSTAD.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(i)BagaimanapenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjen(ii)ApakahpenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjendapatmeningkatkankeaktifansiswa(iii)ApakahpenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3KepanjendapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaJenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanpadasemesterIItahunajaran2005/2006dari26Aprilsampaidengan24Mei2006.Penelitianinidilaksanakandengan2siklus.SubjekpenelitiadalahsiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjendenganjumlahsiswasebanyak29siswa.HasilpenelitianinimenunjukkanpenerapanPBMPdenganmodelSTADdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaSMPMuhammadiyah3Kepanjen.Peningkatankeaktifansiswaterbuktidenganadanyapeningkatanfrekuensibertanyadanmenjawab/mengeluarkanpendapat.Frekuensibertanyameningkatsebesar7%danfrekuensimenjawab/mengeluarkanpendapatmeningkatsebesar947%.PeningkatanhasilbelajarmatematikasiswaterbuktidenganadanyapeningkatannilaitesdarisiklusIkesiklusIIsebesar207.BerdasarkantemuanpenelitianmakakesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmatematikamelaluipolaPBMPdenganmodelSTADmampumeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitilanjutdisarankanuntukmenerapkanteamteachingdalamprosespembelajaranyangmenggunakandiskusikelompok.Selainituguruharusterampildalammengalokasikanwaktudanmemotivasisiswa.