Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen / Emilda Tresilia Manggarani

Main Author: Emilda Tresilia Manggarani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16766/
Daftar Isi:
  • Hasilbelajarmatematikasangatdipengaruhiolehfaktor-faktoryangberasaldaridalamdanluardirisiswa.Salahsatufaktoryangmempengaruhihasilbelajarsiswaadalahmetodepembelajaranyangdigunakan.MetodepembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswasalahsatunyaadalahpolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP).PenerapanpolaPBMPdalamprosespembelajarandapatdigabungdenganbeberapamodelpembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajarantersebutadalahSTAD.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(i)BagaimanapenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjen(ii)ApakahpenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjendapatmeningkatkankeaktifansiswa(iii)ApakahpenerapanpolaPBMPdenganmodelSTADpadasiswakelasVIISMPMuhammadiyah3KepanjendapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaJenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanpadasemesterIItahunajaran2005/2006dari26Aprilsampaidengan24Mei2006.Penelitianinidilaksanakandengan2siklus.SubjekpenelitiadalahsiswakelasVIISMPMuhammadiyah3Kepanjendenganjumlahsiswasebanyak29siswa.HasilpenelitianinimenunjukkanpenerapanPBMPdenganmodelSTADdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaSMPMuhammadiyah3Kepanjen.Peningkatankeaktifansiswaterbuktidenganadanyapeningkatanfrekuensibertanyadanmenjawab/mengeluarkanpendapat.Frekuensibertanyameningkatsebesar7%danfrekuensimenjawab/mengeluarkanpendapatmeningkatsebesar947%.PeningkatanhasilbelajarmatematikasiswaterbuktidenganadanyapeningkatannilaitesdarisiklusIkesiklusIIsebesar207.BerdasarkantemuanpenelitianmakakesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmatematikamelaluipolaPBMPdenganmodelSTADmampumeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitilanjutdisarankanuntukmenerapkanteamteachingdalamprosespembelajaranyangmenggunakandiskusikelompok.Selainituguruharusterampildalammengalokasikanwaktudanmemotivasisiswa.