Pengembangan modul bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas IX / Farah Azizah

Main Author: Farah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16721/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodulbilanganberpangkatbentukakarpenemuanterbimbingKemampuandalammembuatdanmengembangkanbahanajarmerupakankemampuanyangharusterusmenerusditingkatkanolehsetiapguru.Bahanajarmemilikibanyakragamataubentukdansalahsatubentukbahanajaryangmudahdibuatolehguruadalahbahanajardalambentukcetakmisalnyamodul.Denganmenggunakanmodulsiswadapatbelajarsesuaicaradankemampuannyamasing-masing.Berdasarkanpengamatanselamainimodulyangdisusunsecaraindividuolehgurumasing-masingsekolahhanyamenyajikanmaterisecaralangsungdimanasiswahanyadiberidaftarrumusatausifatoperasi.Salahsatumaterimatematikayangmemuatbanyaksifatoperasiadalahmateribilanganberpangkatdanbentukakar.Dalampenyajianmateriinisiswahanyadituntutuntukmenghafalsifat-sifatoperasitersebuttanpamemahamikonsepsehinggamaterisulitdiingatdansiswakurangberpartisipasiaktifdalamkegiatanpembelajaran.Modelpembelajaranyangdapatmengatasimasalahiniadalahmodelpembelajaranpenemuanterbimbing.Denganmodelpenemuanterbimbingperansiswacukupbesarkarenakarenapembelajarantidaklagiterpusatpadaguru.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganmodulberbasismodelpenemuanterbimbing.ModelpengembanganyangdigunakandiadaptasidarimodelpengembanganPlomp.Datayangdiperolehberupamodulangketdanlembarwawancara.Ujicobadilakukanolehahlipraktisidankelompokkecilsiswa(enamorang).Hasilpenelitiandalamskripsiinimenyimpulkanbahwamoduladalahvalid.Berdasarkanhasilangketdapatditunjukkanbahwasiswamemahamiprosespenemuankonsepdarimateribilanganberpangkatdanbentukakardalammodul.Berdasarkanhasilwawancaratampilanmodulsangatmenariksehinggasiswamerasasenangdalammempelajarimodul.