Pengembangan modul bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas IX / Farah Azizah
Main Author: | Farah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16721/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodulbilanganberpangkatbentukakarpenemuanterbimbingKemampuandalammembuatdanmengembangkanbahanajarmerupakankemampuanyangharusterusmenerusditingkatkanolehsetiapguru.Bahanajarmemilikibanyakragamataubentukdansalahsatubentukbahanajaryangmudahdibuatolehguruadalahbahanajardalambentukcetakmisalnyamodul.Denganmenggunakanmodulsiswadapatbelajarsesuaicaradankemampuannyamasing-masing.Berdasarkanpengamatanselamainimodulyangdisusunsecaraindividuolehgurumasing-masingsekolahhanyamenyajikanmaterisecaralangsungdimanasiswahanyadiberidaftarrumusatausifatoperasi.Salahsatumaterimatematikayangmemuatbanyaksifatoperasiadalahmateribilanganberpangkatdanbentukakar.Dalampenyajianmateriinisiswahanyadituntutuntukmenghafalsifat-sifatoperasitersebuttanpamemahamikonsepsehinggamaterisulitdiingatdansiswakurangberpartisipasiaktifdalamkegiatanpembelajaran.Modelpembelajaranyangdapatmengatasimasalahiniadalahmodelpembelajaranpenemuanterbimbing.Denganmodelpenemuanterbimbingperansiswacukupbesarkarenakarenapembelajarantidaklagiterpusatpadaguru.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganmodulberbasismodelpenemuanterbimbing.ModelpengembanganyangdigunakandiadaptasidarimodelpengembanganPlomp.Datayangdiperolehberupamodulangketdanlembarwawancara.Ujicobadilakukanolehahlipraktisidankelompokkecilsiswa(enamorang).Hasilpenelitiandalamskripsiinimenyimpulkanbahwamoduladalahvalid.Berdasarkanhasilangketdapatditunjukkanbahwasiswamemahamiprosespenemuankonsepdarimateribilanganberpangkatdanbentukakardalammodul.Berdasarkanhasilwawancaratampilanmodulsangatmenariksehinggasiswamerasasenangdalammempelajarimodul.