Penerapan belajar kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X-4 SMAN I Lawang / Andini Eka Irlianti
Main Author: | Andini Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16565/ |
Daftar Isi:
- KatakunciThink-Pair-ShareaktivitashasilbelajarBerdasarkanwawancaradanpengamatanyangdilakukanpenelititerhadappendidikmatematikakelasX-4SMANILawangdiperolehinformasibahwapembelajaranyangdilakukanpendidikmasihbersifatkonvensionaldanmetodeyangseringdigunakanadalahmetodeceramahtanyajawabdanpemberiantugas.Akibatnyapesertadidikhanyasekedarmenerimadancenderungmenghafalmateri.Pesertadidikcenderungpasifdalammenjawabpertanyaanyangdiajukanolehpendidikdanjikadiberikantugaspesertadidikbiasanyahanyamenungguhasiljawabandaripesertadidiklainyangdianggaplebihpintar.KepasifanpesertadidikinijugaberdampakpadahasilbelajarpesertadidikyangmenunjukkanbahwamasihbanyakskorteshasilbelajarpesertadidikyangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkanolehsekolah.UntukmenyelesaikanmasalahtersebutpenelitimenggunakanbelajarkooperatiftipeThink-Pair-Shareyangdapatmengoptimalisasikanpartisipasipesertadidikdalampembelajaransertamemberikanwaktukepadapesertadidikuntukberpikirdansalingmembantu.BelajarkooperatiftipeThink-Pair-SharediharapkandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarpesertadidikkelasX-4SMANILawang.PenelitianinidilakukandiSMANILawangpadabulanOktoberhinggaNovember2010yangterdiridalamduatahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasX-4tahunajaran2010/2011sebanyak34pesertadidik.Datapenelitianberupaaktivitasbelajarpesertadidikyangdiperolehdariobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarpesertadidikdiperolehdariskortespadasetiapakhirsiklus.BelajarkooperatiftipeThink-Pair-Sharedalampenelitianinimelaluitigatahap(1)TahapThinkyaitusiswadimintauntukberpikir(memahamidanmengerjakan)LKSsecaraindividu(2)TahapPairyaitusiswasecaraberpasanganmendiskusikanmasalahdalamLKS(3)TahapShareyaitusiswabersamapasangannyamenyampaikanhasildiskusididepankelas.HasilpenelitianmenunjukkanbahwabelajarkooperatiftipeThink-Pair-Sharedapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarpesertadidik.Halinidapatdiketahuidaripersentaseaktivitaspesertadidiksebelumtindakansebesar20%kemudianmeningkathingga48%kemudian62%padasiklus1dan74%padasiklus2.Sedangkanuntukhasilbelajarterjadipeningkatanrata-rataskortespesertadidik.Sebelumtindakanrata-rataskortespesertadidikadalah5484kemudiansetelahdiberitindakanrata-rataskortespesertadidikmeningkathingga7021padasiklus1dan8173padasiklus2.Persentaseketuntasanbelajarjugameningkatdarisebelumdiberitindakanyaitu2941%menjadi6471%padasiklus1dan7941%padasiklus2