Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus / Moh. Khoridatul Huda
Main Author: | Moh. Khoridatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16563/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifInvestigasiKelompokPemecahanMasalahMatematikaPersamaanGarisLurusSelamaPraktekPengalamanLapangan(PPL)diSMPN4Malangpenelitimendapatkaninformasibahwaprosespembelajaranmatematikadikelasmasihdidominasiguru.Gurumenjelaskanmaterimemberikancontohsoaldanpenyelesaiannyadanmemberisiswalatihansoal.Olehkarenaitukemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswamasihrendah.Untukmengatasimasalahtersebutpenelitimenerapkanpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompok.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIII-ESMPN4Malang.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasVIIISMPN4MalangmateriPersamaanGarisLurus.LangkahpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasVIII-ESMPN4Malangmateripersamaangarislurusmeliputisiswaberkelompoksesuaidengankesamaanminatpadasuatutopikbahasandiskusikelompokdenganpemberiantambahannilaibagikelompokpalingaktifpresentasihasildiskusiolehduawakilkelompokyangditunjukkelompoklaindandiskusikelasdenganguruhanyasebagaipendamping.Pembelajarankoopearatiftipeinvestigasikelompokinidapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswayangmeliputiaspekkemampuanmenjalinkerjasamakemampuanmenuliskanpermasalahandalambentukyangmudahdipahamidankemampuanmenggunakanpengetahuandanpengalamanyangdimiliki.Meningkatnyakemampuanpemecahanmasalahsiswatersebutdapatdiketahuidaripeningkatannilaitessiswayaitusebesar6944%darijumlahsiswadanpeningkatankeaktifansiswapadaaspekbekerjasamamemecahkanmasalahmemberikanpendapatapabilaadatemansekelompokyangbelummengertimenyelesaikanperbedaanpendapatdanberkomunikasidengantemandanguruselamaprosespembelajarandikelas.