Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus / Moh. Khoridatul Huda

Main Author: Moh. Khoridatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16563/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranKooperatifInvestigasiKelompokPemecahanMasalahMatematikaPersamaanGarisLurusSelamaPraktekPengalamanLapangan(PPL)diSMPN4Malangpenelitimendapatkaninformasibahwaprosespembelajaranmatematikadikelasmasihdidominasiguru.Gurumenjelaskanmaterimemberikancontohsoaldanpenyelesaiannyadanmemberisiswalatihansoal.Olehkarenaitukemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswamasihrendah.Untukmengatasimasalahtersebutpenelitimenerapkanpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompok.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIII-ESMPN4Malang.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasVIIISMPN4MalangmateriPersamaanGarisLurus.LangkahpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasVIII-ESMPN4Malangmateripersamaangarislurusmeliputisiswaberkelompoksesuaidengankesamaanminatpadasuatutopikbahasandiskusikelompokdenganpemberiantambahannilaibagikelompokpalingaktifpresentasihasildiskusiolehduawakilkelompokyangditunjukkelompoklaindandiskusikelasdenganguruhanyasebagaipendamping.Pembelajarankoopearatiftipeinvestigasikelompokinidapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswayangmeliputiaspekkemampuanmenjalinkerjasamakemampuanmenuliskanpermasalahandalambentukyangmudahdipahamidankemampuanmenggunakanpengetahuandanpengalamanyangdimiliki.Meningkatnyakemampuanpemecahanmasalahsiswatersebutdapatdiketahuidaripeningkatannilaitessiswayaitusebesar6944%darijumlahsiswadanpeningkatankeaktifansiswapadaaspekbekerjasamamemecahkanmasalahmemberikanpendapatapabilaadatemansekelompokyangbelummengertimenyelesaikanperbedaanpendapatdanberkomunikasidengantemandanguruselamaprosespembelajarandikelas.