Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran RME untuk siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga / Nur Aini Lathifah Habibi
Main Author: | Nur Aini Lathifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16560/ |
Daftar Isi:
- KatakunciRMEkomikmatematikakelilingdanluassegitiga.Penyampaianpokokbahasanluasdankelilingsegitigaumumnyabersifatabstrakdankurangmenariksehinggasiswakurangtertarikdanmengalamikesulitanuntukmemahaminya.SalahsatualternatifuntukmengatasikendalatersebutadalahpenyampaiansoaltentangluasdankelilingsegitigamelaluikomikmatematikayangberbasisRME.Pesanyangberupapermasalahandalamkehidupansehari-haridisampaikandalamkomikbiasanyajelasruntutdanmenyenangkansehinggasiswamenjaditermotivasiuntukmempelajaridanmenyelesaikanpermasalahan.OlehkarenaitudilakukanpengembanganmediapembelajaranRMEdenganpokokbahasanluasdankelilingsegitigadenganmenggunakankomikmatematika.KomikMatematikadikembangkansebagaimediapembelajaranyangdapatmembantugurudalampembelajaranRMEpadapokokbahasanluasdankelilingsegitiga.Masalahkehidupansehari-hariyangberhubungandenganmateriluasdankelilingsegitigadisajikandalambentukgambardandialog-dialogpadakomikuntukmeningkatkanmotivasisiswadalammenyelesaikanpermasalahanmatematika.Prosedurdalampengembangankomikterdirimenjaditigatahapyaitu(1)tahappraproduksi(2)produksidan(3)pascaproduksi.Tahappraproduksiyaituidentifikasikebutuhanmerumuskantujuaninstruksionalmengembangkanmateridanmenyusunpetunjukpemanfaatan.Tahapproduksiyaitumerupakantahappembuatankomikmulaidarimenentukanideceritahinggapencetakan.Tahappascaproduksiyaitutahapvalidasidanujicoba.Komikmatematikatelahdivalidasioleh2dosenMatematikaUniversitasNegeriMalangdan2gurumatematikaSMP.Ujicobamelibatkan5siswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Hasilyangdidapatkandaridataangketvalidasiolehparaahlitentangkualitaskomiksebesar8303%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.SedangkanhasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketvalidasiolehahlitentangperanankomiksebagaimediapembelajaranRMEsebesar8035%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.Hasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketaudiensi/siswatentangkualitaskomiksebesar9428%dandinyatakanvalidsedangkanHasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketaudiensi/siswatentangperanankomiksebagaimediapembelajaranRMEsebesar975%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.Melaluiangketinidiketahuibahwamediapembelajaraninidapatmenarikminatsiswauntukmengerjakanpermasalahanluasdankelilingsegitigadalambentukkomik.