Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran RME untuk siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga / Nur Aini Lathifah Habibi

Main Author: Nur Aini Lathifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16560/
Daftar Isi:
  • KatakunciRMEkomikmatematikakelilingdanluassegitiga.Penyampaianpokokbahasanluasdankelilingsegitigaumumnyabersifatabstrakdankurangmenariksehinggasiswakurangtertarikdanmengalamikesulitanuntukmemahaminya.SalahsatualternatifuntukmengatasikendalatersebutadalahpenyampaiansoaltentangluasdankelilingsegitigamelaluikomikmatematikayangberbasisRME.Pesanyangberupapermasalahandalamkehidupansehari-haridisampaikandalamkomikbiasanyajelasruntutdanmenyenangkansehinggasiswamenjaditermotivasiuntukmempelajaridanmenyelesaikanpermasalahan.OlehkarenaitudilakukanpengembanganmediapembelajaranRMEdenganpokokbahasanluasdankelilingsegitigadenganmenggunakankomikmatematika.KomikMatematikadikembangkansebagaimediapembelajaranyangdapatmembantugurudalampembelajaranRMEpadapokokbahasanluasdankelilingsegitiga.Masalahkehidupansehari-hariyangberhubungandenganmateriluasdankelilingsegitigadisajikandalambentukgambardandialog-dialogpadakomikuntukmeningkatkanmotivasisiswadalammenyelesaikanpermasalahanmatematika.Prosedurdalampengembangankomikterdirimenjaditigatahapyaitu(1)tahappraproduksi(2)produksidan(3)pascaproduksi.Tahappraproduksiyaituidentifikasikebutuhanmerumuskantujuaninstruksionalmengembangkanmateridanmenyusunpetunjukpemanfaatan.Tahapproduksiyaitumerupakantahappembuatankomikmulaidarimenentukanideceritahinggapencetakan.Tahappascaproduksiyaitutahapvalidasidanujicoba.Komikmatematikatelahdivalidasioleh2dosenMatematikaUniversitasNegeriMalangdan2gurumatematikaSMP.Ujicobamelibatkan5siswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Hasilyangdidapatkandaridataangketvalidasiolehparaahlitentangkualitaskomiksebesar8303%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.SedangkanhasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketvalidasiolehahlitentangperanankomiksebagaimediapembelajaranRMEsebesar8035%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.Hasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketaudiensi/siswatentangkualitaskomiksebesar9428%dandinyatakanvalidsedangkanHasilkeseluruhanyangdidapatkandaridataangketaudiensi/siswatentangperanankomiksebagaimediapembelajaranRMEsebesar975%dandinyatakanvaliddantidakperlurevisi.Melaluiangketinidiketahuibahwamediapembelajaraninidapatmenarikminatsiswauntukmengerjakanpermasalahanluasdankelilingsegitigadalambentukkomik.