Penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas VIII SMPN 1 Pujon / Fetti 'Arofah

Main Author: Fetti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16551/
Daftar Isi:
  • KatakunciRMEpemahamankonsepmatematikaPadasaatpembelajarandidalamkelasterlihatgurumasihmenerapkanpembelajaranyangbersifathafalan.Selainitumasihterlihatsiswatidakmenemukansendirikonsepmatematikagurumemberikaninformasikonsepmatematikakemudiansiswadiberikanlatihansoaltanpasiswatahuprosesmenemukankonseptersebut.Haltersebutmenyebabkanbanyaksiswayangpasifdantidakmemahamimateriyangdiajarkan.MenurutSuharta(2002452)RMEmerupakanteoripendidikanmatematikayangmenjembatanipengalamansehari-haridenganmatematikadisekolah.PembelajaranmatematikayangmenggunakanRMEselaindiharapkanmeningkatkanpemahamankonsepmatematikajugasekaligusmengubahparadigmapembelajaranmatematikayangseringdilaksanakanyaitugurumenerangkandanmemberikantugasyangmengakibatkansiswaumumnyahanyabekerjasecaraproseduraldanmemahamimatematikatanpasedikitpenalaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajaranRME(RealisticMathematicEducation)yangdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswakelasVIIISMPNegeri1Pujon.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1Pujontanggal23Julisampai6agustus2010.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-GSMPNegeri1Pujon.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridarisiklus1dansiklus2.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurpemahamnkonsepmatematikasiswaadalahangketlembarobservasiwawancaratesdancatatanlapangan.Darihasilpenelitianinidiperolehbahwasebelumdiberitindakanada714%siswayangmemilikitingkatpemahamanintuitif5714%siswamempunyaipemahamaninstruksional2143%siswamempunyaitingkatpemahamanobservasionaldan1429%siswamempunyaitingkatpemahamanrelasional.Setelahdiberitindakanpadasiklus1ada0%siswamempunyaitingkatpemahamanintuitif2143%siswamempunyaitingkatpemahamaninstruksional5714%siswamempunyaitingkatpemahamanobservasionaldan2143%siswamempunyaitingkatpemahamanrelasional.Namunsetelahdiberitindakanpadasiklus2ada0%siswayangmemilikitingkatpemahamanintuitif0%siswamempunyaitingkatpemahamaninstruksional6071%siswamempunyaitingkatpemahamanobservasionaldan3929%siswamempunyaitingkatpemahamanrelasional.HalinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanpemahamankonsepmatematikasiswasetelahdilakukanpembelajaranRME.SehinggadarihasiltersebutdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranRMEdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematika.