Modul sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran konstruktivis pada materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang untuk siswa SMU kelas X semester II / Kunti Wulandari
Main Author: | Kunti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16547/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodulkonstruktivismeluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruang.Salahsatuusahayangdilakukanuntukmeningkatkankualitashasilbelajarmatematikamelaluipendekatankonstruktivisantaralaindenganmenggunakanmodul.Modulpembelajaranadalahsuatubahanpelajarantertulisyangdapatdipelajariolehanakdenganautoaktivitasnyamerekaberperanlebihaktifdalamprosespembelajarandimanalayanandanbimbingangurudiatursedikitmungkin.Kegiatanpembelajaranyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkanmodulluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruang.Materiluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruangmerupakansalahsatubahankajiansiswa-siswakelasX.Pendekatanpembelajaranyangdigunakanadalahkontruktivis.Konstruktivisberpandanganbahwabelajarmerupakanprosesaktifdaripebelajaruntukmembangunpengetahuannya.KonstruktivismeinilahyangmenjadilandasanfilosofisdikembangkannyakurikulumberbasiskompetensiyanglebihdikenaldenganKBK.Kelebihandarimodulyangdikembangkanyaitusesuaidengankurikulum2004bahasayangdigunakankomunikatifmemilikitampilanyangmenarikkegiatanbelajarbersifatkonstruktivistiksertasesuaidengankemampuansiswa.HasilpenyusunanmodulinidiharapkandapatmenjadialternatifmediapembelajaranmatematikadalampembelajarankonstruktivissehinggameningkatkankemampuankognitifsiswaberdasarkanstandarkompetensiKurikulum2004.