Modul sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran konstruktivis pada materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang untuk siswa SMU kelas X semester II / Kunti Wulandari

Main Author: Kunti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/16547/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodulkonstruktivismeluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruang.Salahsatuusahayangdilakukanuntukmeningkatkankualitashasilbelajarmatematikamelaluipendekatankonstruktivisantaralaindenganmenggunakanmodul.Modulpembelajaranadalahsuatubahanpelajarantertulisyangdapatdipelajariolehanakdenganautoaktivitasnyamerekaberperanlebihaktifdalamprosespembelajarandimanalayanandanbimbingangurudiatursedikitmungkin.Kegiatanpembelajaranyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkanmodulluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruang.Materiluaspermukaanbangunruangdanvolumebangunruangmerupakansalahsatubahankajiansiswa-siswakelasX.Pendekatanpembelajaranyangdigunakanadalahkontruktivis.Konstruktivisberpandanganbahwabelajarmerupakanprosesaktifdaripebelajaruntukmembangunpengetahuannya.KonstruktivismeinilahyangmenjadilandasanfilosofisdikembangkannyakurikulumberbasiskompetensiyanglebihdikenaldenganKBK.Kelebihandarimodulyangdikembangkanyaitusesuaidengankurikulum2004bahasayangdigunakankomunikatifmemilikitampilanyangmenarikkegiatanbelajarbersifatkonstruktivistiksertasesuaidengankemampuansiswa.HasilpenyusunanmodulinidiharapkandapatmenjadialternatifmediapembelajaranmatematikadalampembelajarankonstruktivissehinggameningkatkankemampuankognitifsiswaberdasarkanstandarkompetensiKurikulum2004.