Hubungan pola asuh orang tua dengan keterampilan sosial siswa kelas 8 (delapan) SMPN 11 Malang / Hadi Tri Rochmad

Main Author: Rochmad, Hadi Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1648/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRochmadHadiTri.2008.HubunganPolaAsuhOrangTuadenganKetrampilanSosialSiswaKelas8(delapan)SMPN11Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.WidadaM.Si(II)Drs.Harmiyanto.KataKuncipolaasuhorangtuaketrampilansosial.Polaasuhmerupakanmodelataucaraorangtua(ayah/ibu)dalammemperlakukananakdidalamkehidupansehari-haridirumah.Adapunbentukperlakuanorangtuaterhadapanaknyaberupaperlakuansecarafisikmaupunpsikis.Ketrampilansosialmerupakankemampuanseseorangdalammelakukaninteraksidenganoranglaindenganmenunjukkantingkahlakutertentusecaraverbalmaupunnonverbalsesuaidenganperanansosialtanpamerugikandirisendirimaupunoranglain.Penelitianinimembahastentang(1)bagaimanagambaranpolaasuhorangtuasiswakelas8(delapan)SMPN11Malang(2)bagaimanagambaranketrampilansosialsiswakelas8(delapan)SMPN11Malangdan(3)adakahhubungannyaantarapolaasuhorangtuadenganketrampilansosialsiswakelas8(delapan)SMPN11Malang.Rancanganpenelitianinimenggunakandeskriptifdankorelasionalpopulasinyaadalahsiswakelas8(delapan)SMPN11Malangyangberjumlah294siswa.Pengambilansampeldilakukanpadasiswakelas8Hdankelas8Cdenganmenggunakaninstrumenangketdanpenelitimenggunakankelas8Buntukdijadikanujicobaunstrumen.Dengandemikiansampeldalampenelitianiniadalahsampelbertujuanataupurposivesamplepenggunaansampelinimerujukpadabeberapaalasansehinggakemungkinandistribusitidaknormalkarenatidakmenggunakanrandomsamplingatausejenisnya.Inventoripolaasuhdanketrampilansosialdiperolehdenganmenggunakanangketterstrukturdengandisertaipilihanjawabanyangdimodifikasidantelahdiujikualitasnyaberdasarkanpemikiranpenelitiyangdidasariolehteoripolaasuhsedangkaninstrumenketrampilansosialdimodifikasidandiujikualitasnyaberdasarkanataspemikiranpenelitiyangdidasariolehteoriketrampilansosial.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahpersentaseuntukmelihatgambaranpolaasuhorangtuadanuntukmengetahuigambaranketrampilansosialsiswasedangkanuntukmengetahuihubungankeduanyamenggunakanPearsonCorrelations.Hasilpenelitianpolaasuhiniadalahsebesar10%OverPosessive12%OverIndulgent24%Acuhtakacuh34%Seringmenggodaanakdan20%Afeksiyangdidasariolehrasakasihsayang.Sedangkanklasifikasiketrampilansosialnyaadalah22%dengankategorisangattinggi50%dengankategorisedangdan28%dengankategorirendah.Untukmelihathubunganantarvariabelhasilpenelitianmenunjukkanadanyahubunganyangsignifikanantarapolaasuhorangtuadenganketrampilansosialsiswakelas8(delapan)SMPN11Malangyaitubahwapolaasuhorangtuaterhadapketrampilansosialmenunjukkanhasil(r0950)dan(p0000).Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagar(1)sebagaikonselorhendaknyaperlumeningkatkanketampilansosialyangadapadadirisiswadengancaramemberikanpelatihanketrampilansosialpemberianlayananinformasilayananbimbinganbelajarbagaimanacarameningkatkanketrampilansosialkepadasiswa(2)kepalasekolahdiharapkandapatmemfasilitasikonselorsekolahuntukmengadakanketrampilansosialdansekaligusmenjadiwadahbagiparasiswauntukmenyalurkanpotensi-potensiyangdimilikinya(3)orangtuadiharapkandapatmemantaudenganbaikperkembangananaksertamembimbingdanmendidiksesuaidenganpolaasuhyangdapatmeningkatkanbagiperkembangansosialanaknyadan(4)siswadiharapkansenantiasamengikutipelatihan-pelatihanketrampilansosialyangdiadakanolehkonselorsekolah/pihaksekolahagardapatmeningkatkanketrampilansosialnya.