Perbedaan kebiasaan belajar siswa kelas VIII MTsN Terate Kabupaten Sumenep Madura yang tinggal di luar pondok pesantren dengan yang tinggal di pondok pesantren / Nurus Saadah
Main Author: | Saadah, Nurus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1644/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaadahNurus.2009.PerbedaanKebiasaanBelajarSiswaKelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangTinggaldiLuarPondokPesantrendenganyangTinggaldiPondokPesantren.Skripsi.JurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EliaFlurentinM.Pd.(II)Drs.HarmiyantoKataKunciKebiasaanbelajarrumahpondokpesantrensiswaMTsNKesuksesanbelajarsiswatidakterlepasdaricarabelajaryangdilaksanakansebabbaiktidaknyahasilbelajardapatdilihatdandirasakanolehsiswasendiri.Prosesbelajaryangdikatakansuksesadalahapabilaadaperubahanpadadirisiswa.Perubahanperilakuinimenyangkutpengetahuansikapdanketerampilan.Jugadidalamprosesbelajarsiswamenunjukkankegairahanbelajaryangtinggisemangatkerjayangbesardanpercayapadadirisendiri.Untukmemperolehhasilyangbaiksiswaperlumeningkatkankualitasbelajar.Kebiasaanbelajaradalahcara-caramelakukankegiatanbelajaryangtelahbiasadilakukan.Kebiasaanbelajarbukanlahbakatalamiahataubawaansejaklahirtetapidibentukolehindividuitusendirikarenaberinteraksidenganlingkungannya.Setiapsiswamemilikikebiasaanbelajaryangberbeda-bedasesuaidenganselerakeyakinandankondisimasing-masingmakadariitulingkungansangatmempengaruhidalamprosesbelajarterutamauntuksiswa.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(a)kebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantren(rumah)(b)kebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldipondokpesantrendan(c)perbedaankebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantrendenganyangtinggaldipondokpesantren.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdankomparatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangberjumlah170orangdansampelyangdiambil30%.Sampeldalampenelitianiniadalah52orangsiswaadapunteknikyangdigunakandalampengambilansampeladalahrandomsampling.Pengumpulandatamenggunakanangketdenganklasifikasijawabanselaluseringkadang-kadangdantidakpernah.Analisishasilpenelitianmenggunakananalisispersentasedanuji-t.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)sedikitsekali(42%)siswayangtinggaldiluarpondokpesantrenyangmempunyaikebiasaanbelajarsangatbaikbanyaksekali(83.3%)siswayangmempunyaikebiasaanbelajarbaiksedikitsekali(12.5%)siswayangmempunyaikebiasaanbelajarsedangdantidakadasiswayangmempunyaikebiasaanbelajardalamkategoriburuk.(2)sedikitsekali(36%)siswayangtinggaldipondokpesantrenyangmempunyaikebiasaanbelajarsangatbaikbanyaksekali(821%)siswayangkebiasaanbelajarnyabaiksedikitsekali(143%)siswayangmemilikikebiasaanbelajarsedangdansiswayangmemilikikkebiasaanbelajaryangburuktidakada.(3)adaperbedaaniikebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantrendenganyangtinggaldipondokpesantren.Berdasarkanhasilpenelitianinidiharapkankonselordapatlebihmemberikaninformasimengenaikebiasaanbelajarkepadasiswa.Haliniberdasarkanhasilyangdiperolehdaripenelitianterhadapsiswayangtinggaldiluarpondokpesantrendansiswayangtinggaldipondokpesantrensama-samamemilikikebiasaanbelajaryangbaikmeliputicarabelajarkondisibelajarstrategibelajardanmetodebelajarnya.Dalamhalinikonselordapatmemberikanlayananinformasisertalayanankonselingindividualmaupunlayanankonselingkelompok(bersamadenganteman-temanyangjugamemilikikebiasaanbelajaryangkurang)dengandemikiandiharapkansiswalebihmemahamipermasalahannyadalambelajar.Sehinggadapatmemperbaikikebiasaanbelajarnyayangkurangitumenjadilebihbaikdanlebihoptimallagi.