Perbedaan kebiasaan belajar siswa kelas VIII MTsN Terate Kabupaten Sumenep Madura yang tinggal di luar pondok pesantren dengan yang tinggal di pondok pesantren / Nurus Saadah

Main Author: Saadah, Nurus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/1644/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaadahNurus.2009.PerbedaanKebiasaanBelajarSiswaKelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangTinggaldiLuarPondokPesantrendenganyangTinggaldiPondokPesantren.Skripsi.JurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EliaFlurentinM.Pd.(II)Drs.HarmiyantoKataKunciKebiasaanbelajarrumahpondokpesantrensiswaMTsNKesuksesanbelajarsiswatidakterlepasdaricarabelajaryangdilaksanakansebabbaiktidaknyahasilbelajardapatdilihatdandirasakanolehsiswasendiri.Prosesbelajaryangdikatakansuksesadalahapabilaadaperubahanpadadirisiswa.Perubahanperilakuinimenyangkutpengetahuansikapdanketerampilan.Jugadidalamprosesbelajarsiswamenunjukkankegairahanbelajaryangtinggisemangatkerjayangbesardanpercayapadadirisendiri.Untukmemperolehhasilyangbaiksiswaperlumeningkatkankualitasbelajar.Kebiasaanbelajaradalahcara-caramelakukankegiatanbelajaryangtelahbiasadilakukan.Kebiasaanbelajarbukanlahbakatalamiahataubawaansejaklahirtetapidibentukolehindividuitusendirikarenaberinteraksidenganlingkungannya.Setiapsiswamemilikikebiasaanbelajaryangberbeda-bedasesuaidenganselerakeyakinandankondisimasing-masingmakadariitulingkungansangatmempengaruhidalamprosesbelajarterutamauntuksiswa.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(a)kebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantren(rumah)(b)kebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldipondokpesantrendan(c)perbedaankebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantrendenganyangtinggaldipondokpesantren.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdankomparatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangberjumlah170orangdansampelyangdiambil30%.Sampeldalampenelitianiniadalah52orangsiswaadapunteknikyangdigunakandalampengambilansampeladalahrandomsampling.Pengumpulandatamenggunakanangketdenganklasifikasijawabanselaluseringkadang-kadangdantidakpernah.Analisishasilpenelitianmenggunakananalisispersentasedanuji-t.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)sedikitsekali(42%)siswayangtinggaldiluarpondokpesantrenyangmempunyaikebiasaanbelajarsangatbaikbanyaksekali(83.3%)siswayangmempunyaikebiasaanbelajarbaiksedikitsekali(12.5%)siswayangmempunyaikebiasaanbelajarsedangdantidakadasiswayangmempunyaikebiasaanbelajardalamkategoriburuk.(2)sedikitsekali(36%)siswayangtinggaldipondokpesantrenyangmempunyaikebiasaanbelajarsangatbaikbanyaksekali(821%)siswayangkebiasaanbelajarnyabaiksedikitsekali(143%)siswayangmemilikikebiasaanbelajarsedangdansiswayangmemilikikkebiasaanbelajaryangburuktidakada.(3)adaperbedaaniikebiasaanbelajarsiswakelasVIIIMTsNTerateKabupatenSumenepMadurayangtinggaldiluarpondokpesantrendenganyangtinggaldipondokpesantren.Berdasarkanhasilpenelitianinidiharapkankonselordapatlebihmemberikaninformasimengenaikebiasaanbelajarkepadasiswa.Haliniberdasarkanhasilyangdiperolehdaripenelitianterhadapsiswayangtinggaldiluarpondokpesantrendansiswayangtinggaldipondokpesantrensama-samamemilikikebiasaanbelajaryangbaikmeliputicarabelajarkondisibelajarstrategibelajardanmetodebelajarnya.Dalamhalinikonselordapatmemberikanlayananinformasisertalayanankonselingindividualmaupunlayanankonselingkelompok(bersamadenganteman-temanyangjugamemilikikebiasaanbelajaryangkurang)dengandemikiandiharapkansiswalebihmemahamipermasalahannyadalambelajar.Sehinggadapatmemperbaikikebiasaanbelajarnyayangkurangitumenjadilebihbaikdanlebihoptimallagi.