Penerapan pembelajaran tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Darul Mustofa Bangkalan pada pokok bahasan operasi bilangan bulat / Inu Wuntikaratri

Main Author: Inu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16417/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWuntikaratriInu.2009.PenerapanPembelajaranTipeThink-Pair-Share(TPS)untukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaKelasVIISMPDarulMustofaBangkalanpadaPokokBahasanOperasiBilanganBulat.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematika.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SantiIrawatiM.SiPh.D(II)Drs.ErryHidayantoM.Si.KatakunciThink-Pair-Share(TPS)operasibilanganbulatprestasibelajar.PembelajaranThink-Pair-Share(TPS)merupakansalahsatubentukmodelpembelajaranyangmenuntutsiswauntukberpikirsecaramandiriberinteraksidenganpasangandanmampumengkomunikasikanapayangmerekapikirkan.Pembelajarandenganmenggunakanmetodeinidapatmengembangkankecakapansosialdanmengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVIIASMPDarulMustofaBangkalan.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajaranTPSdalammeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIISMPDarulMustofaBangkalanpadapokokbahasanoperasibilanganbulat.PembelajaranTPSpadamaterioperasibilanganbulatinimelalui3tahap(1)tahapThinksiswadikondisikansecaraindividuuntukberpikirmelaluipemberianLKS(2)tahapPairsiswadikondisikansecaraberpasanganuntukberpikirdanberdiskusimengenaiLKS(3)tahapSharesiswadikondisikansecaraberpasanganuntukmengkomunikasikanhasildiskusipadatahapThinkdanPairmelaluipresentasi.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmelaluiTPSdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswasebesar63%darireratakelassikluspertamayaitu635%(dengan50%siswamencapaiSKBM)kereratakelassikluskeduayaitu698%(dengan80%siswamencapaiSKBM).BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiTPSdapatdigunakansebagaisuatualternatifpembelajaran.