Perbedaan keterampilan asertif siswa kelas reguler dengan siswa kelas akselerasi di SMP Negeri 3 Malang / Amri Aminudin

Main Author: Aminudin, Amri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1641/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAminudinAmri.2008.PerbedaanKetrampilanAsertifantaraSiswaKelasRegulerdenganSiswaKelasAkselerasidiSMPNegeri3Malang.SkripsiProgramBimbingandanKonselingJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.WidadaM.Si.(II)Drs.H.ImamHambaliM.Pd.KataKunciKetrampilanAsertifRegulerAkselerasiPadamasaperalihanremajamempunyaikesempatanuntukmencobacaraberperilakuyangbaru.Perilakutertentuyangmemungkinkanremajadapatditerimaolehkelompoknya.Kemampuanberkomunikasisecaraterbukasangatdibutuhkanuntukmengekspresikanperasaandenganjujurpadaoranglain.Perilakuasertifdapatditandaidenganadanyakemampuanberkomunikasiyangterbukajujurdansebagaimanamestinyaterhadaporanglain.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(a)tingkatketrampilanasertifsiswakelasreguler(b)tingkatketrampilanasertifsiswakelasakselerasidanmenjelaskanperbedaanketrampilanasertifantarasiswakelasregulerdengansiswakelasakselerasi.Metodepenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkomparatifdenganpopulasisiswakelasregulerdansiswakelasakselerasitahunpelajaran2007/2008.Dalampengambilansampeldigunakanteknikclusterrandomsampling.Pengumpulandatamenggunakanangket.Analisishasilpenelitianmenggunakanpersentasedanuji-t.Hasilpenelitiansiswakelasakselerasiyangketrampilanasertifnyatinggisebesar93.2%danketrampilanasertifsedang6.8%.Siswakelasreguleryangmemilikiketrampilanasertifnyatinggisebesar86.3%danketrampilanasertifsedang13.8%.Hasilanalisiskomparatifmenunjukkanadaperbedaanketrampilanasertifantarasiswakelasregulerdengansiswakelasakselerasi(p0.008005).Ketrampilanasertifsiswakelasakselerasilebihtinggidaripadasiswakelasreguler(mean5848).Saranbagisiswaberlatihmengungkapkanperasaan-perasaandanmempertahankanhak-haknyaakanmembuatsiswalebihbisamenghargaidirinyadanoranglain.Bagikonseloruntukmemberikanlayananinformasisekaligusmelatihkanmengenaiberperilakusecaraasertifkepadasiswa.Bagiorangtuaorangtuamenjadimodelperilakubagianakdenganbegituanakakanberperilakusecaraasertif.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkanmenggunakanpopulasiyanglebihluasataumungkinmemberikansuatupelatihanuntukmeningkatkanketrampilanasertifsiswa.