Pengaruh pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu (two stay two stray) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Andi Yusuf
Main Author: | Andi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16407/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYusufAndi.2009.PengaruhPembelajaranKooperatifModelDuaTinggalDuaTamu(TwoStayTwoStray)TerhadapPrestasiBelajarMatematikaSiswaSMPNegeri10Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.MShohibulKahfiM.Pd.(2)Drs.ErryHidayanto.M.Si.Katakuncipembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamuprestasibelajar.PemilihanmetodepembelajarandapatmempengaruhiprestasibelajarsiswaPembelajarankonvensionalyangseringditerapkangurumengakibatkansiswacenderungmenghafaldanbekerjasecaraproseduraldanmemahamimateritanpabernalar.Haliniberakibatprestasibelajarsiswarendahkarenadalampembelajarankonvensionalperansiswabersifatpasifhanyamendengarkanmencatatdanmengerjakanlatihan-latihansoalyangdiberikanolehguru.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatmengaktifkansiswaadalahpembelajarankooperatif.Duatinggalduatamumerupakansalahsatutipepembelajarankooperatifyangmemberikankesempatankepadakelompokmembagikanhasildaninformasikepadakelompoklain.Tahapandalampembelajarankooperatifduatinggalduatamuadalah(1)persiapan(2)presentasiguru(3)kegiatankelompok(5)presentasikelompok(5)evaluasidanpenghargaan.Olehkarenaitupenelitimenerapkanpembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamupadapenelitianini.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpembelajarankopoperatifmodelduatinggalduatamuterhadapprestasibelajarsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiandenganpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimentalsemu.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri10Malangtahunajaran2009/2010.SampeldalampenelitianiniadalahkelasVIII-Ayangterdiridari40siswasebagaikelaseksperimendanVIIIByangberjumlah40siswasebagaikelaskontrol.Datahasilbelajardiperolehdaritesprestasibelajar(posttest).Ujiprasyaratyangdigunakanadalahujinormalitasujihomogenitasujikesamaanduarata-rata.Sedangkanujihipotesisnyamenggunakanuji-t.Darihasilanalisisdatatesprestasibelajarmakadapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarsiswayangmendapatpembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamulebihtinggidibandingsiswayangmendapatpembelajarankonvensional.Berdasarkanhasilyangdiperolehdalampenelitianinimakadisarankanpembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamudapatdijadikanalternatifuntukditerapkandalampembelajaranmatematikakarenaterbuktidapatmeningkatkanprestasibelajarmatematikasiswa.