Penerapan realistic mathematics education (RME) dalam pembelajaran bangun ruang prisma dan limas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Malang / Humaidi

Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16406/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHumaidi.2009.PenerapanRealisticMathematicsEducation(RME)dalamPembelajaranBangunRuangPrismadanLimasuntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIIISMPN5Malang.SkripsiJurusanMatematikaProgramStudiPendidikanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SlametM.Si(II)Dr.SisworoS.PdM.SiKatakunciRealisticMathematicsEducation(RME)BangunruangPrismadanLimasHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukandiSMPN5MalangdiketahuibahwasiswakelasVIIIDcenderungkesulitandalammemahamimateribangunruanghaliniditunjukkandenganadanyafaktayaiturata-rataulanganharian38siswapadamateribangunruang(kubusdanbalok)yangrendahyaitu684danpresentaseketuntasanbelajarklasikalhanyamencapai605%.Lebihlanjutdiperolehinformasibahwapembelajaranyangdilakukandikelasmasihberpusatpadagurusehinggasiswacepatmerasabosandankurangantusiassaatmengikutipembelajaranbahkansiswalebihfokusmenghafalkanrumussecarainstandaripadaprosespembelajaranitusendiri.MemahamiadanyamasalahtersebutperlukiranyadilakukanperubahandalampelaksanaanpembelajaransehinggasiswalebihaktifdansenangdalambelajarsertatidakhanyamemahamimaterisebatasrumusyangtertulisdibukutekssajadalamhalinipenelitimenerapkanRealisticMathematicsEducation(RME).RMEmerupakansuatupendekatanyangmemfasilitasisiswadengankegiatan-kegiatanyangmengarahkansiswauntukmenemukanidematematikamelaluipermasalahansehari-hari.TujuanpenelitianyangdilakukanadalahmendeskripsikanpembelajaranbangunruangprismadanlimasmenggunakanRealisticMathematicsEducation(RME)padasiswakelasVIIISMPN5MalangmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateribangunruangprismadanlimasmelaluipembelajaranmenggunakanRMEdanmengetahuiresponsiswaterhadappembelajaranbangunruangprismadanlimasmenggunakanRME.Penelitiandilaksanakanpadatanggal18Mei2009hingga26Mei2009dengansubyekpenelitianadalahkelassiswakelasVIIIDSMPN5Malang.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)PenerapanRMEpadapembelajaranbangunruangprismadanlimasdilaksanakandalamduasiklus.SiklusIterdiridari3pertemuandandilakukanpembelajaranluaspermukaanprismadanlimas.SetelahdilakukanrefleksidaripembelajaranpadaSiklusIdilaksanakanSiklusII(2pertemuan)denganmateriyaituvolumebangunruangprismadanlimas.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranbangunruangprismadanlimasmenggunakanRMEtelahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniditunjukkanolehrata-ratanilaitesdanketuntasanklasikalpadasiklusIIyaituberturut-turutadalah824dan811%.ResponsiswaterhadappembelajaranbangunruangprismadanlimasmenggunakanRMEadalahpositif.Siswasenangdanantusiasbelajarterutamadenganadanyaalatperagaperagayangdigunakan.iiSaranyangdapatdiberikanadalahRMElayakdipertimbangkanuntukditerapkanpadapembelajaranmatematikadisekolahdandalampelaksanaannyahendaknyaguru/penelitimemperhatikanpengelolaanwaktudanpenggunaanalatperagayangdigunakan.