Analisis kesalahan dan perbaikan pengungkapan objek matematika pada buku teks matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII / Yulia Putri Pawestry
Main Author: | Yulia Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16405/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPawesthyYuliaPutri.2009.AnalisisKesalahandanPerbaikanPengungkapanObjekMatematikaPadaBukuTeksMatematikaSekolahMenengahPertama(SMP)KelasVII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MuchtarAbdulKarimM.A.(II)Dr.HerySusantoM.Si.KataKuncianalisiskesalahanbukuteksobjekmatematikaMaraknyaberbagaimacambukuteksmatematikayangadadipasaranselainmenguntungkanjugamenimbulkanmasalahbarubagiduniapendidikan.Permasalahanyangseringmunculadalahgurumaupunsiswaseringkalidibuatbingunguntukmenentukanbukumanayangcocokdantepatsertabenaruntukdigunakandalamprosesbelajarmengajar.Terdapatbeberapakriteriadalampenyusunansuatubukuteksmatematikayaitustandarmaterimatematikacarapenyajianmaterimatematikadanstandarbahasayangdigunakan.PadapenelitianinipenulismencobamengkajilimabukudenganpengarangyangberbedakecualibukuDdanEyaituABCDdanE.BukuyangakandikajiadalahbukuteksmatematikauntukSMPkelasVIIyangmenjadiacuanlembaga-lembagapendidikandiKotaMalang.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikesalahanpengungkapanobjekmatematikadanupayaperbaikannyapadabukuteksmatematikaSekolahMenengahPertama(SMP)kelasVII.Objekmatematikaadalahobjekyanglangsungdapatdikajiyaitufaktakonsepprinsipdanketerampilansedangkankesalahanobjekmatematikaadalahketidaktepatan/ketidaklengkapan/ketidaksesuaianpengungkapanobjekmatematika.BerdasarkanpengkajianyangdilakukanditemukankesalahanpengungkapanobjekmatematikayaitukesalahanpengungkapanfaktapadaAditemukansebanyak35datapadaBditemukansebanyak10datapadaCditemukansebanyak6datapadaDditemukansebanyak2datapadaEditemukansebanyak3data.KesalahanpengungkapankonseppadaAditemukansebanyak9datapadaBditemukansebanyak27datapadaCditemukansebanyak24datapadaDditemukansebanyak9datapadaEditemukansebanyak15data.KesalahanpengungkapanprinsippadaAditemukansebanyak8datapadaBditemukansebanyak4datapadaCditemukansebanyak5datadanpadaDditemukansebanyak12data.KesalahanpengungkapanketerampilanpadaAditemukansebanyak44datapadaBditemukansebanyak3datadanpadaCditemukansebanyak1data.DengandemikianhendaknyadalampenggunaanbukuteksmatematikagurumaupunsiswaSMPkelasVIItidakmengikutisepenuhnyaapayangdisajikanolehbukutekstetapimencermatiterlebihdahulubagaimanapengungkapanobjekmatematikayangberupafaktakonsepprinsipdanketerampilan.