Analisis kesalahan dan perbaikan pengungkapan objek matematika pada buku teks matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII / Yulia Putri Pawestry

Main Author: Yulia Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16405/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPawesthyYuliaPutri.2009.AnalisisKesalahandanPerbaikanPengungkapanObjekMatematikaPadaBukuTeksMatematikaSekolahMenengahPertama(SMP)KelasVII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MuchtarAbdulKarimM.A.(II)Dr.HerySusantoM.Si.KataKuncianalisiskesalahanbukuteksobjekmatematikaMaraknyaberbagaimacambukuteksmatematikayangadadipasaranselainmenguntungkanjugamenimbulkanmasalahbarubagiduniapendidikan.Permasalahanyangseringmunculadalahgurumaupunsiswaseringkalidibuatbingunguntukmenentukanbukumanayangcocokdantepatsertabenaruntukdigunakandalamprosesbelajarmengajar.Terdapatbeberapakriteriadalampenyusunansuatubukuteksmatematikayaitustandarmaterimatematikacarapenyajianmaterimatematikadanstandarbahasayangdigunakan.PadapenelitianinipenulismencobamengkajilimabukudenganpengarangyangberbedakecualibukuDdanEyaituABCDdanE.BukuyangakandikajiadalahbukuteksmatematikauntukSMPkelasVIIyangmenjadiacuanlembaga-lembagapendidikandiKotaMalang.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikesalahanpengungkapanobjekmatematikadanupayaperbaikannyapadabukuteksmatematikaSekolahMenengahPertama(SMP)kelasVII.Objekmatematikaadalahobjekyanglangsungdapatdikajiyaitufaktakonsepprinsipdanketerampilansedangkankesalahanobjekmatematikaadalahketidaktepatan/ketidaklengkapan/ketidaksesuaianpengungkapanobjekmatematika.BerdasarkanpengkajianyangdilakukanditemukankesalahanpengungkapanobjekmatematikayaitukesalahanpengungkapanfaktapadaAditemukansebanyak35datapadaBditemukansebanyak10datapadaCditemukansebanyak6datapadaDditemukansebanyak2datapadaEditemukansebanyak3data.KesalahanpengungkapankonseppadaAditemukansebanyak9datapadaBditemukansebanyak27datapadaCditemukansebanyak24datapadaDditemukansebanyak9datapadaEditemukansebanyak15data.KesalahanpengungkapanprinsippadaAditemukansebanyak8datapadaBditemukansebanyak4datapadaCditemukansebanyak5datadanpadaDditemukansebanyak12data.KesalahanpengungkapanketerampilanpadaAditemukansebanyak44datapadaBditemukansebanyak3datadanpadaCditemukansebanyak1data.DengandemikianhendaknyadalampenggunaanbukuteksmatematikagurumaupunsiswaSMPkelasVIItidakmengikutisepenuhnyaapayangdisajikanolehbukutekstetapimencermatiterlebihdahulubagaimanapengungkapanobjekmatematikayangberupafaktakonsepprinsipdanketerampilan.