Penerapan problem based learning dan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Wahid Hasyim Malang pada subpokok bahasan persamaan linear satu variabel / Amanatus Sholihah
Main Author: | Amanatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16403/ |
Daftar Isi:
- 2ABSTRAKSholihahAmanatus.2009.PenerapanProblemBasedLearning(PBL)danMakeAMatchUntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVIIASMPWahidHasyimMalangPadaSubpokokBahasanPersamaanLinearSatuVariabel.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriMulyatiM.Pd(II)Drs.SudirmanM.Si.KatakunciProblemBasedLearningMakeamatchAktivitasdanhasilbelajarPersamaanLinearSatuVariabel(PLSV)PembelajaranmatematikadiSMPWahidHasyimMalangterutamauntukbahasanmembuatdanmenyelesaikanmodelmatematikadarimasalahyangberkaitandenganpersamaanlinearsatuvariabel(PLSV)masihmenggunakanmetodekonvensionalyangpadaumumnyaberakibatsiswamenghafalcara-carayangdiberikanmelaluicontoholehguru.SelainitusiswamasihbingunguntukmenentukanvariabelataukonstantadarisuatumasalahyangberkaitandenganPLSV.MetodepembelajarankonvensionalmasihterusditerapkandiSMPWahidHasyimMalangkarenameskipungurumempunyaipengetahuantentangmetodemetodepembelajaranyanglainmerekaengganmencobanyadikelaskarenaakanmemakanwaktuyangterlalulamasehinggadikhawatirkanmateritidakakanselesaipadawaktuyangtelahditentukan.Haliniyangmembuatgurumasihsajamenerapkanmetodeceramah.Dalampembelajaranjugadibutuhkansuasanayangmenyenangkanmendukungketerampilanbelajardaninteraksiaktifbaikantarasiswadenganguruatausiswadengansiswa.SalahsatupendekatanpembelajaranyangsecarateoritisdapatdigunakanuntukmenyelesaikanmasalahyangdialamisiswadanuntukmeningkatkanpartisipasidankeaktifansiswaSMPWahidHasyimMalangdalamkelasterutamapadamaterimembuatdanmenyelesaikanmodelmatematikadarimasalahyangberkaitandenganpersamaanlinearsatuvariabeladalahmenerapkanpembelajarandenganpendekatanProblemBasedLearningdanMakeamatch.DalamProblemBasedLearningpembelajarandipusatkanpadasiswamelaluipemberianmasalahdiawalpembelajaranyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifdanmempunyaiketerampilanmemecahkanmasalahsertamemperolehpengetahuandankonsepdasardarimateriyangdiajarkantersebut.Kemudiandilanjutkandenganadanyapengorganisasiansiswauntukbelajarmelakukanpenyelidikandandiakhiridenganpenyajianhasilkaryasertapengevaluasianprosespemecahanmasalah.Setelahsiswamemperolehkonsepdenganmembangunnyasendirimerekadapatberlatihuntukmenyelesaikanmasalahdenganpermainankartuberpasangan(Makeamatch).Disinisiswadapatbelajarsambilbermainsehinggaterciptasuasanayangaktifdanmenyenangkan.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanProblemBasedLearningdanMakeamatchuntukmelihataktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIISMPWahidHasyimMalangpadamaterimembuatdanmenyelesaikanmodelmatematikadarimasalah3yangberkaitandenganPLSV.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingnyadalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasi.PenelitianinitermasukpenelitianterapandantermasukdalamjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).DalampenelitianinimodelPTKyangdigunakanadalahrancanganpenelitianmodelKemmisdanMcTaggartyangterdiridariperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Sedangkanditinjaudaritingkatpenjelasandatatermasukdalampenelitiandeskriptifkarenapenelitimengumpulkandataberupakata-kataataukalimatdanbukanangka-angka.Datayangterkumpulkemudiandianalisissecarainduktif.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklus1banyaknyasiswayangtuntasbelajardengansubpokokbahasanmembuatmodelmatematikadarimasalahyangberkaitandenganPLSVadalah734%.Berdasarkankekurangan-kekuranganyangditemukanpadasiklus1makadilakukanbeberapaperbaikanpadasiklus2yaitumeningkatkanpengelolaankelasdanpemberianmotivasibelajaryanglebih.Padasiklus2banyaknyasiswayangtuntasbelajardengansubpokokbahasanmenyelesaikanmodelmatematikadarimasalahyangberkaitandenganPLSVmenjadi823%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPWahidHasyimMalangpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya80%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganProblemBasedLearningdanMakeamatchdalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriSedangpadasiklus1danmasukkategoribaikpadasiklus2sertahasilangketterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangdanmemberikanresponsyangpositifterhadappembelajarandenganProblemBasedLearningdanMakeamatch.Bertitiktolakdarihasilpenelitianinibeberapasaranyangdapatdiberikanadalah(1)memilihpendekatanpembelajaranyangtepatagarmemicusemangatdanaktifitasbelajarsiswasepertiProblemBasedLearningdanMakeamatch(2)menerapkanpendekatanProblemBasedLearningpadamateri-materiyangsesuaiuntukmenggunakanpendekatanpembelajarantersebutkarenadapatmeningkatkanhasilbelajardalampenguasaanpemecahanmasalah.