Proses dan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) yang dimodifikasi / Reny Rhomadona
Main Author: | Reny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16401/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRhomadonaReny.2009.ProsesdanHasilBelajarMatematikaSiswamelaluiPembelajaranKooperatifTipeGroupInvestigation(GI)yangDimodifikasi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Scdan(II)Dr.INengahPartaM.Si.KatakunciprosesbelajarhasilbelajarmatematikasiswapembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationAda3masalahdalamskripsiiniyaitu(a)ApakahrancanganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationyangmemahamkantentangpersamaangarislurussiswakelasVIIIBMTsSuryaBuanaMalang(b)Bagaimanapelaksanaanpembelajarantersebut(c)Apakahhasilbelajarmatematikasiswayangmengikutipembelajarantersebut.Untukmenjawabmasalahtersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas(PTK).PenelitianinidilakukandiMTsSuryaBuanaMalangpadapertengahanOktobersampaipertengahanNovember2009dalam2tahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.Tahaptindakandilaksanakandalam2siklussiklus1terdiridari4pertemuansedangkansiklus2terdiridari2pertemuan.Berdasarkanhasilrefleksisiklus1penelitiperlumengembangkanrancanganpembelajaranbaruyaitu(1)padatahapseleksitopikgurumembebaskansiswauntukmemilihkelompokmasing-masingberdasarkankesenanganterhadaptemandengancatatansetiapkelompokterdiridari5siswadenganketentuanminimalada1siswadengankemampuanmatematikatinggidanminimalada1siswadengankemampuanmatematikarendah(2)padatahapevaluasigurumelakukantanyajawabmengenaimateriyangtelahdipelajaripadapertemuantersebut.Berdasarkanhasilrefleksisiklus2hasilsiklus2sudahmenjawabrumusanmasalah.Ketuntasanklasikalmencapai867%danpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationberhasilsehinggatidakperludiadakansiklusberikutnya.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationrancanganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationyangmemahamkansiswatentangpersamaangarislurusadalah1)seleksitopikpadatahapinisiswadimintamenentukansendirikelompokdantempatdudukkelompok2)merencanakankerjasamapadatahapinisiswamembagitugasmasing-masinganggotakelompoksesuaidengankeinginanmasing-masingkelompok3)implementasisiswatidakbolehbertanyakepadagurusebelummendiskusikandengananggotakelompoknya4)analisisdansintesissiswadimintamemeriksakembalijawabanLBS5)penyajianlaporansiswadiberinilaitambahansebesar5untuksetiappendapatpertanyaanataupunsanggahanyangdiajukan6)evaluasigurumelakukantanyajawabdengansiswamengenaimateriyangtelahdipelajari.Pelaksanaanpembelajaranberhasildenganbaikdanhasilbelajarmatematikatelahmemenuhikriteriastandarketuntasanklasikal.