Proses dan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) yang dimodifikasi / Reny Rhomadona

Main Author: Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/16401/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRhomadonaReny.2009.ProsesdanHasilBelajarMatematikaSiswamelaluiPembelajaranKooperatifTipeGroupInvestigation(GI)yangDimodifikasi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.IpungYuwonoM.SM.Scdan(II)Dr.INengahPartaM.Si.KatakunciprosesbelajarhasilbelajarmatematikasiswapembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationAda3masalahdalamskripsiiniyaitu(a)ApakahrancanganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationyangmemahamkantentangpersamaangarislurussiswakelasVIIIBMTsSuryaBuanaMalang(b)Bagaimanapelaksanaanpembelajarantersebut(c)Apakahhasilbelajarmatematikasiswayangmengikutipembelajarantersebut.Untukmenjawabmasalahtersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas(PTK).PenelitianinidilakukandiMTsSuryaBuanaMalangpadapertengahanOktobersampaipertengahanNovember2009dalam2tahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.Tahaptindakandilaksanakandalam2siklussiklus1terdiridari4pertemuansedangkansiklus2terdiridari2pertemuan.Berdasarkanhasilrefleksisiklus1penelitiperlumengembangkanrancanganpembelajaranbaruyaitu(1)padatahapseleksitopikgurumembebaskansiswauntukmemilihkelompokmasing-masingberdasarkankesenanganterhadaptemandengancatatansetiapkelompokterdiridari5siswadenganketentuanminimalada1siswadengankemampuanmatematikatinggidanminimalada1siswadengankemampuanmatematikarendah(2)padatahapevaluasigurumelakukantanyajawabmengenaimateriyangtelahdipelajaripadapertemuantersebut.Berdasarkanhasilrefleksisiklus2hasilsiklus2sudahmenjawabrumusanmasalah.Ketuntasanklasikalmencapai867%danpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationberhasilsehinggatidakperludiadakansiklusberikutnya.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationrancanganpembelajarankooperatiftipeGroupInvestigationyangmemahamkansiswatentangpersamaangarislurusadalah1)seleksitopikpadatahapinisiswadimintamenentukansendirikelompokdantempatdudukkelompok2)merencanakankerjasamapadatahapinisiswamembagitugasmasing-masinganggotakelompoksesuaidengankeinginanmasing-masingkelompok3)implementasisiswatidakbolehbertanyakepadagurusebelummendiskusikandengananggotakelompoknya4)analisisdansintesissiswadimintamemeriksakembalijawabanLBS5)penyajianlaporansiswadiberinilaitambahansebesar5untuksetiappendapatpertanyaanataupunsanggahanyangdiajukan6)evaluasigurumelakukantanyajawabdengansiswamengenaimateriyangtelahdipelajari.Pelaksanaanpembelajaranberhasildenganbaikdanhasilbelajarmatematikatelahmemenuhikriteriastandarketuntasanklasikal.